KPU Ajak Generasi Muda Pahami Pendidikan Politik

img
Diskusi Politik di Rumah Demokrasi KPU Bandarlampung.Foto:Agung-H Momen.

Harianmomentum--Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bandarlampung mengajak generasi muda untuk lebih memahami arti pentingnya pendidikan politik di lingkungan masyarakat.

 

Hal tersebut dikatakan Ketua KPU Bandarlampung Fauzi Heri saat Diskusi Publik bertema Pentingnya Pendidikan Politik di Masyarakat, di Rumah Demokrasi KPU setempat, Rabu (7/6).

 

"Politik itu penting untuk dipelajari, terutama bagi pemilih baru atau yang baru berusia 17 tahun, untuk mengajarkan tatacara dalam menggunakan hak pilihnya dengan benar," kata Fauzi.

 

Menurut dia, pemilih pemula harus memahami dengan baik apa itu politik dan apa itu pemilihan, sehingga sampai pada waktunya, mereka bisa memanfaatkan hak pilihnya dengan baik.

 

Selain itu, dia melanjutkan, bukan hanya bagi pemilih pemula tetapi juga bagi pra pemilih atau yang berusia di bawah 17 tahun.

 

“Mempelajari politik memang harus sedini mungkin, sehinggu itu menjadi tugas KPU untuk mensosialisasikannya kepada masyarakat,” ungkapnya.

 

Sehingga, dia mengharapkan, bisa membentuk generasi muda yang paham dan mengerti tentang politik serta cerdas dalam memilih.

 

“Jadi jangan cuma bisa memilih karena ada imbalannya, tetapi harus cerdas dalam menentukan pilihan,” harapnya.

 

Dia menambahkan, ide untuk membuat diskusi publik tersebut dikarenak rasa penasaran KPU tentang pemikiran mahasiswa-mahasiswa Lampung.

 

Untuk itu, dia mengundang mahasiswa dari berbagai organisasi untuk mengikuti diskusi publik tersebut.

 

“Kita mau melihat bagaimana cara pandang mahasiswa tentang politik di Indonesia dan bagaimana cara mereka menentukan pilihannya,” ungkapnya.

 

Diskusi publik yang diadakan oleh KPU Kota Bandarlampung tersebut dihadiri oleh Himpunan Mahasiswa Indonesia (HMI) Lampung, Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Lampung dan Mahasiswa Muhammadiyah Lampung.

 

Diskusi tersebut diakhiri dengan buka puasa bersama di Rumah Demokrasi KPU setempat.(Adw)






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos