Rizal Umar Kritik Pemerintahan Tanggamus

img
Air Terjun Way Lalaan Tanggamus. Foto: Google.

Harianmomentum--Bakal Calon Bupati Tanggamus Rizal Umar mengkritisi pemerintahan kabupaten setempat karena tidak mengutamakan pemberdayaan sumber daya manusia (SDM) lokal.

 

"Pemerintahan di Kabupaten Tanggamus cenderung carut marut karena tidak memperhatikan sumber daya alam (SDA) yang ada serta SDM lokal," kata Rizal usai penyampaian visi-misi di PDIP Lampung, Selasa (13/6).

 

Menurut dia, potensi SDA kita sangat potensial untuk meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD), namun tidak dapat dikelola secara optimal.

 

Bahkan, ia melanjutkan, keberadaan SDM lokal juga tidak kalah terpinggirkan sehingga menghambat laju perekonomian maupun pemerintahan setempat.

 

"Kalau saja SDM lokal menjadi prioritas pasti akan lebih cepat proses pembangunan yang menunjang peningkatan kesejahteraan masyarakat," kata dia.   

 

Dia menjelaskan, seharusnya pemerintah bisa memanfaatkan SDA yang ada di kabupaten tersebut. "Masih banyak yang sekali SDA yang belum tergali dan tereksploitasi," jelasnya.

 

Selain itu, dia juga menilai, untuk SDM lokal kurang diberdayakan oleh pemerintah. "SDM lokal itu harusnya diutamakan, bukannya malah disisihkan," tegasnya. 

 

Dia menjelaskan, dari 2500 pegawai yang ada di Tanggamus, 75 persennya berasal dari luar.

 

"Inikan harusnya jadi acuan bagi pemerintah untuk membenahi SDM disana, sehingga SDM disana tidak merasa disisihkan," ungkapnya. 

 

Dia mengungkapkan, apabila SDM nya sudah diberdayakan dan dibenahi dengan sendirinya maka keamanan didaerah tersebut bisa lebih terjaga. 

 

"Kita tahu kondisi keamanan disana bagaimana, dan salah satu penyebabnya adalah kurangnya perhatian kepada SDM lokal," jelasnya. 

 

Sehingga, lanjut dia, hal tersebutlah yang membuat kurangnya keamanan di Tanggamus.

 

Dia berjanji apabila terpilih menjadi Bupati Tanggamus, akan segera memperbaiki SDA dan SDM yang ada di Tanggamus. 

 

"Hal pertama yang akan saya lakukan adalah, menggali SDA yang ada dan memperbaiki SDM didaerah tersebut, sehingga keamanan di sana bisa lebih terjaga," harapnya.(ag)






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos