Pemilu 2019, Suara Adik Bupati Tertinggi di Pesibar

img
Rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara di KPU Pesibar. Foto: asn
Pesisir Barat

Harianmomentum.com--Calon legislatif (caleg) DPRD Provinsi Lampung Nuril Anwar meraih suara tertinggi di wilayah Pesisir Barat (Pesibar).

Caleg asal Partai Nasdem dari daerah pemilihan (dapil) 4: Tanggamus, Pesibar dan Lampung Barat itu adalah adik kandung Bupati Pesibar, Agus Istiqlal. 

Berdasarkan rekapitulasi penghitungan suara yang telah dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pesibar, perolehan suara Nuril adalah 15.215. Jumlah suara tersebut jauh meninggalkan caleg lainnya.

Sedangkan di urutan ke dua ada Monalisa, yang juga caleg Nasdem, dengan perolehan 5.491 suara. Selanjutnya Mukhlis Basri dari Gerindra yang memperoleh 4.877 suara dan Yanuar Irawan dari PDIP dengan perolehan 3.470 suara. Sedangkan puluhan caleg lainnya hanya memperoleh kurang-lebih 1000 suara.


Dikonfirmasi terkait hal tersebut, Nuril menyatakan syukur dan ucapan terimakasih kepada seluruh masyarakat yang telah menetapkan pilihan kepadanya.

“Alhamdulillah, ini adalah amanah rakyat yang harus saya emban dengan baik. Perolehan ini juga berkat dukungan semua relawan-relawan saya yang selama ini terus bekerja, mensosialisasikan visi misi saya kedepannya,” kata Nuril kepada harianmomentum.com, Selasa (7-5).

Berdasarkan rekapitulasi penghitungan suara yang telah diterimanya dari tiga kabupaten di dapil 4, Nuril yakin dapat duduk di kursi legislatif Provinsi Lampung.

“Untuk di dapil 4, dari 10 caleg Nasdem memang suara saya tertinggi. Tapi saya  berharap agar Nasdem di dapil 4 bisa dapat dua kursi,” harapnya.

Namun, harapan tersebut tampaknya sangat berat untuk terwujud. “Total suara Nasdem di dapil 4 ini sekitar 70 ribu. Tapi di atas kita ada PDIP dengan total suara sekitar 120 ribu dan Gerindra dengan suara sekira 80 ribu,” sebutnya.

Sebelumnya, KPU Pesibar telah menyelesaikan rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara Pemilu 2019 pada Senin (6-5) sekitar pukul 23.40 WIB, bertempat di GSG pantai Labuhanjukung, Kecamatan Pesisir Tengah. 

Ketua KPU Pesisir Barat, Yurlisman mengatakan, saat ini pihaknya akan membawa kotak suara hasil rapat pleno di kabupaten setempat ke KPU Provinsi Lampung. 

"Selesai Rapat Pleno kami yaitu tadi malam, Senin (6/5/2019) sekitar pukul 23.40 WIB. Sekarang proses packing pengiriman kotak suara ke KPU provinsi," kata Yurlisman, Selasa (7-5)

Sementara, Komisioner Bawaslu Pesibar Abdul Kodrat mengatakan, rapat pleno terbuka KPU Pesisir Barat mengatakan, pelaksanaan pleno KPU Pesibar sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan. 

Walau begitu, Bawaslu tetap meminimalisir setiap persoalan yang muncul, dengan cara melakukan penyelesaian pada saat pleno di PPK atau tingkat kecamatan.  

“Di Pleno ditingkat KPU kabupaten masih ada permasalahan, namun jumlahnya tidak besar dan dapat segera diselesaikan, dilakukan perbaikan,” jelasnya.

Permasalah yang dimaksud antara lain: Di Kecamatan Karya Penggawa ada suara partai Nasdem pindah ke Golkar disebabkan salah dalam input data. 

“Itu sudah dilakukan pembetulan dan persoalan-persoalan tersebut dapat kami selesaikan pada tingkat pleno kecamatan," kata Kodrat.(asn/acw)



Leave a Comment