TMMD, Kodim Lampura Bangun Jalan dan Jembatan

img
Komandan Kodim 0412 Letkol. Inf. R.D. Bachtiar didampingi Wakil Bupati Lampung Utara Sri Widodo menyerahkan bantuan peralatan pertanian kepada warga.

Harianmomentum--Program Tentara Nasional Indonesia (TNI) Manunggal Membangun Desa (TMMD) Tahun 2017 pada wilayah kerja Komando Distrik Militer (Kodim) 0412 Lampung Utara (Lampura) difokuskan pada kegiatan pembangunan jalan, jembatan dan rumah ibadah (Masjid).

Hal tersebut disampaikan Komandan Kodim (Dandim) setempat Letkol. Inf. R.D. Bachtiar usai upacara pembukaan TMMD tahun 2017 di Lapangan Pondok Pesantren Istiqlal, Desa  Kubihitu, Kecamatan Sungkai Barat, Selasa (4/7).  Pada kegiatan tersebut Wakil Bupati Lampura Sri Widodo bertindak sebagai inspektur upacara.

Dandim mengatakan, TMMD tahun ini dilaksanakan pada dua desa di Kecamatan Sungkai Barat: Desa Kubuhitu dan Desa Gunung Maknibai. "Jalan yang akan kita bangun ini penguhubung Desa Ganung Maknibai dan Kubuhitu, panjangnya mencapai 3 kilometer,“ kata Dandim.

Dia berharap, melalui TMMD dapat mempererat semangat persatuan dan kebersamaan antara TNI, Polri dan masyarakat dalam mensukseskan program pembangunan. "Melalui TMMD kita wujudkan gerak juang yang tangguh dan kemanunggalan TNI dengan rakyat untuk mensukseskan pembangunan,“ harapnya.

Wakil Bupati Lampura Sri Widodo dalam sambutan saat menjadi inspektur upacara pembukaan TMMD itu,  mengatakan pemkab setempat sangat mendukung kegiatan tersebut. 

Salah satu bentuk dukungan itu dilakukan dengan mengalokasikan dana  APBD Rp1 miliar untuk kelancaran kegiatan TMMD. “Alokasi dana APBD yang kita kucurkan merupakan bentuk dukungan Pemkab dan DPRD Lampung Utara untuk kegiatan TMMD,” kata Sri Widodo.    

Dia berharap, hasil program TMMD ini dapat membantu upaya pemkab setempat meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya di wilayah Kecamatan Sungkai Barat. 

“Ini kegiatan positif yang dampaknya dapat dirasakan secara langsung oleh masyarakat. Pemkab Lampung Utara akan terus mensuport kegiatan ini, tentu dengan mensesuaikan kondisi anggaran,” kata Sri Widodo.

Kegiatan tersebut melibatkan 150 personel Satgas TMMD. Rinciannya: 38 personel Kodim 0412, 60 personel  Yonif 143 dan lima  lima personel dari Lanud M Bunyamin Tulangbawang. 

Kemudian, dua Penrem, sepuluh personel marinir,  sepuluh personel Polres Lampura, sepuluh tim teknis, lima tim kesehatan dan sepuluh tim penyuluh.

Selain pembangunan fisik, agenda TMMD  juga dibarengi dengan kegiatan sosial: khitanan massal, pemeriksaan kesehatan gratis, pemeriksaan kangker servik dan penyuluhan kepada masyarakat. (ysn)






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos