Temu Usaha Kelompok Perikanan Pakuanratu

img
Kelompok usaha perikanan di Kecamatan Pakuanratu. Foto. Vit.

Harianmomentum.com-Dinas perikanan Kabupaten Waykanan melakukan Temu Usaha Kelompok Perikanan di Tanjungagung, Kecamatan Pakuanratu, Kamis (4-7-2019). Dihadiri 40 peserta dari lima kelompok perikanan (pokdakan) di kecamatan setempat.

Dalam acara tersebut, Dinas Perikanan Waykanan memberikan pengetahuan tentang usaha perikanan agar usaha para petani ikan di Waykanan berkembang dan maju.

Selaini tu, peserta pertemuan diberikan kesempatan untuk menyampaikan masalah yang sering dialami dalam usahanya. Seperti masalah permodalan dan pemasaran yang masih belum optimal.

Kepala Bidang Perikanan Budidaya Dinas Perikanan Waykanan Bayu Nurcahyo menjelaskan bahwa kelompok perikanan yang ada di Kecamatan Pakuanratu harus bertukar pengalaman agar usahanya bisa maju secara bersama-sama.

“Para pelaku usaha perikanan harus sering berdiskusi agar dapat satu pemikiran untuk maju secara bersama sama. Masalah permodalan bisa diatasi dengan bermitra dengan bank untuk mendapatkan KUR, dengan syarat kelompok perikanan harus berbadan hukum terlebih dahulu," ujar Bayu

Masalah pemasaran yang belum optimal, ia menyarankan agar kelompok perikanan berani bersaing harga dengan pembenih dari luar daerah.

“Kita harus berani bersaing harga dengan pembenih dari luar Kabupaten Waykanan, harus bisa mengikuti harga pasar, walaupun mendapat untung sedikit, tetapi benih kita bisa terjual dan dapat melakukan produksi lagi dan tidak mengalami kerugian,' katanya. (vit).






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos