Pemprov Lampung Mulai Benahi Pelabuhan Panjang

img
Gubernur Lampung M Ridho Ficardo memberikan arahan kepada jajaran Direksi PT Pelindo II, terkait upaya pembenahan Pelabuhan Panjang. Foto: dok. H-momen
Bandar Lampung

Harianmomentum-Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung, mulai melakukan upaya pembenahan Pelabuhan Panjang di Kota Bandarlampung dan Bakauheni di Kabupaten Lampung Selatan.  Langkah tersebut sebagai tindak lanjut arahan Presiden Joko Widodo dalam Rapat Kabinet Terbatas dan Koordinasi dengan Gubernur Lampung, M Ridho Ficardo, di Jakarta, Senin (6/3).

Upaya pembenahan kedua pelabuhan tersebut disampaikan gubernur saat  menerima audiensi jajaran Direksi PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) II Cabang Panjang.  Audensi berlangsung di ruang kerja gubernur, Selasa (7/3).

“Saat ini pertumbuhan ekonomi Lampung sudah 5,15 persen atau berada di atas rata-rata nasional. Karena itu, diperlukan koordinasi dan sinergitas antara Pemprov Lampung dan Pelindo dalam upaya pembenahan pelabuhan untuk menunjang peningkatan pertumbuhan ekonomi,“ kata gubernur melalui rilis humas Pemprov Lampung.

Gubernur berharap, PT Pelindo II bersama jajaran pemprov segera menyiapkan rencana strategis terkait pengembangan Pelabuhan Panjang dan Bakauheni .

Menanggapi hal tersebut, General Manager (GM) PT  Pelindo II Cabang Panjang, Agus Hendrianto menyatakan siap bersinergi dengan Pemprov Lampung dalam upaya pembenahan pelabuhan tersebut. 

Upaya pembenahan tersebut akan difokuskan pada percepatan akses bongkar muat kapal, sesuai arahan presiden.

Selain itu, Agus mengungkap saat ini,  PT Pelindo II juga telah berkoordinasi dengan Perusahaan Daerah (PD) Wahana Raharja, terkait pembangunan gudang penyimpanan sementara di Pelabuhan Panjang.

Selain dengan PD Wahana Raharja, PT Pelindo II juga menjalin kerjasama dengan PT Lampung Jasa Utama (LJU), terkait pengelolaan jembatan timbang penyeberangan di Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan. Diharapkan kerjasama tersebut dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Lampung.

“Kami mengucapkan selamat atas prestasi pertumbuhan ekonomi Lampung yang meningkat diatas rata-rata pertumbuhan ekonomi nasional.  Kami pun siap bersinergi dengan jajaran Pemprov Lampung untuk lebih meningkatkan pertumbuhan ekonomi,” kata Agus.

Kepala Biro Humas dan Protokoler Pemprov Lampung, Bayana mengatakan, program pembenahan sistem penyeberangan (Sailing Time), Pelabuhan Bakauheni- Merak, merupakan salah satu dari delapan prioritas pembangunan di Provinsi Lampung.

“Perbaikan sistem penyebrangan  Pelabuhan Bakauheni- Merak- merupakan salah satu program prioritas gubernur. Karena itu, dibutuhkan perencanaan yang matang dan mendetail serta koordinasi dengan stakeholder terkait, agar program ini berjalan maksimal,” kata Bayana.

Turut hadir dalam audensi dengan gubernur itu.Deputy General Manager (DGM) bidang Teknik PT Pelindo II, Hardi. DGM bidang Komersial, Tanjun dan DGM bidang Operasional, Shanda. 

Dari jajaran pemprov, diantaranya Staf Ahli Gubernur Bidang Ekonomi Pembangunan, Choiria Pandarita dan Kepala Dinas Perhubungan Lampung. (red)



Leave a Comment