Metro Kekurangan LPJU

img
Foto Ilustrasi: NET

Harianmomentum--Jumlah lampu penerangan jalan umum (LPJU) dan lampu taman di Kota Metro belum memadai. Saat ini total LPJU dan lampu taman di kota itu, hanya 3.018 unit. Padahal, idealnya untuk seluruh kawasan Kota Metro memiliki 8.000 unit LPJU dan lampu taman.

 

Kepala Bidang Penerangan dan Kawasan Permukinan pada dins Peruman dan Kawasan Permukan Kota Metro Sudaha,  mengatakan dari total 3.018 titik rinciannya: 2.739 unit LPJU, 197 lampung hexagonal dan 82 unit lampu taman.

 

"Ya idealnya memang minimal delapan ribu unti lampu untuk untuk semua kategori, tapi anggaran kita belum mampu untuk memenuhi kebutuhan jumlah ideal tersebut,“ kata Suhada pada harianmomentum, baru-baru ini.

 

Dia melanjutkan, saat ini dari 2.739  LPJU yang ada, empat persen atau 164 unit diantaranya mati atau tidak berfungsi, karena kerusakan. “Meski belum seluruhnya, untuk kerusakan itu sudah kita upayakan perbaikan. Kalau untuk LPJU kita pakai tipe konvesioanla dan LED,“ terangnya.

   

Menurut dia, pengusulan penambahan LPJU harus dilakukan melalui musyawarah rencana pembangunan (musrebang). “Misal masyarakat mengusulkan sepuluh unit, nanti akan dilihat dari skala prioritas yang meliputi berbagai aspek:  keramaian dan tingkat kerawanan lokasi yang diusulkan,” jelasnya.

 

Dia menambahkan, saat ini ada sebelas petugas untuk penanganan masalah LPJU dan lampu taman. Sebelas petugas itu terdiri dari: empat  orang berstatus pegawai negeri sipil, enam orang tenaga kontrak dan satu orang kepala seksi.

   

“Dari sekian ribu titik lampu di kota ini, hanya ditangani oleh sebelas orang. Jadi ini juga kurang ideal untuk menangani secara maksimal  terkait kerusakan lampu jalan,“ ungkapnya.

 

Dia berharap, masyarakat dapat berperan aktif merawat dan menjaga kondisi  LPJU dan lampu taman, agar tetap bisa berfungsi maksimal. 

 

“Kalau masyarakat menemukan ada kerusakan lampu jalan atau lampu taman bisa langsung melapor ke kantor kami atau melalui nomor telepon 0725 47960, sehingga bisa langsung kita tindak lanjuti untuk perbaikan,“ imbaunya. (pie)






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos