Pendaftar Biling Lebihi Kuota 30 Persen

img
Foto penerimaan siswa baru/NET

Harianmomentum--Jumlah calon siswa program bina lingkungan (Biling) tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kota Bandarlampung melebihi kuota yang ditentukan sebesar 30 persen.

 

"Pendaftar sampai hari terakhir mencapai 183 orang, padahal kuota kita hanya 30 persen dari penerimaan siswa baru sebanyak 288," kata Panitia Penerimaan Peserta Didik Baru (PPBD) SMP Negeri 9 Bandarlampung, Durza, kepada harianmomentum, Rabu (5/7).

 

Menurut dia, SMPN 9 akan menerima 288 murid baru pada tahun ajaran 2017/2018, sehingga jumlah tersebut sudah melebihi kapasitasnya.

 

Dia menjelaskan, karena jumlah pendaftar yang melebihi kuota, pihak sekolah akan melakukan seleksi. "Seleksi tersebut akan dilakukan berdasarkan jarak dari rumah ke sekolah dan kelayakan," katanya.

 

Nantinya, ia melanjutkan, pertama kita pilih yang terdekat dengan sekolah, kedua kita akan menilai dari kelayakannya atau dari kemampuan keluarganya calon siswa.


Dia menambahkan, untuk pengumuman penerimaan akan dilakukan pada 8 Juli mendatang.

 

"Pengumumannya tanggal 8 Juli, dan untuk yang tidak diterima akan kita serahkan ke Dinas Pendidikan Kota Bandarlampung," tambahnya. 

 

Sementara itu, PPBD SMPN 25 Bandarlampung Januar belum bisa menjelaskan secara rinci yang akan diterima melalui sistem biling.

 

"Saat ini yang mendaftar sudah 130 orang, tapi kita masih belum tahu secara pasti berapa yang akan diterima," ujarnya.

 

Dia menjelaskan, kalau mengikuti tahun tahun kemarin maka yang diterima hanya tiga kelas saja. 

 

"Kalau tahun lalu sih tiga kelas, dengan jumlah perkelas berisi 32 murid, jadi hanya 90an orang saja yang diterima," tuturnya. 

 

Dia melanjutkan, kedepannya akan melakukan seleksi bagi calon siswa baru yang masuk melalui sistem biling. 

 

"Nanti akan kita seleksi, jadi nanti yang tidak masuk akan kita distribusikan ke sekolah lain dengan menentukan jarak terdekat dengan sekolah," tambahnya. 

 

Pendaftaran melalui sistem biling dibuka selama tiga hari saja, yakni mulai Senin kemarin (3/7) dan ditutup pada Rabu (5/7). (ag/awn)






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos