Mayoritas Atlet KONI Lampung Siap Ikut Porwil

img
Adilla Dwi Nuyadika dari FK Unila, sedang memeriksa Atlet dalam test kesehatan di KONI Lampung.

MOMENTUM, Bandarlampung--Mayoritas atlet Lampung dalam keadaan sehat serta mampu untuk mengikuti pelatihan menjelang Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) 2019 di Bengkulu.

Kabid Penelitina dan pengembangan dan Sport Science KONI Lampung dr Chairunisa menyebut hingga hari kedua tes fisik, kesehatan dan psikologi yang dijalani, secara umum atlet dalam keadaan sehat.

"Secara umum baik yaa. Tetapi memang sampai hari kedua kemarin (Kamis) ditemukan ada beberapa atlet yang sedang tidak fit, maka ada sistem penglihatannya yang rendah atau tidak maksimal. Ini harus segera diatasi nanti,” kata Nissa -sapaan akrabnya-, Jumat (13-9).

Dia menjelaskan dalam pemeriksaan kesehatan, yang dilakukan kepada para atlet adalah general survey atau secara umum. Meliputi tekanan darah, nadi, pernafasan dan temperatur.

"Secara umum pula kita periksa apakah atlet ini dalam kondisi sehat atau tidak. Maka secara umum kita periksa beberapa hal yang merupakan indikasi ke sana," terangnya.

Pemeriksaan juga dilakukan pada sistem indera seperti penglihatan dan pendegaran. “Sampai pada pemeriksaan di bagian dalam organ tubuh seperti paru-paru dan jantung, serta sistem pencernaan,” jelas Nissa.

Selain itu, menurut dia, yang tidak kalah penting adalah pemeriksaan soal berat badan. “Ada beberapa cabang olahraga yang sangat memerlukan berat badan atlet dalam penentuan kelas dan sebagainya. Ini juga menjadi perhatian kita. Jika mereka ada indikasi berat badannya naik atau turun, maka kami akan sarankan beberapa hal untuk menjaga agar tetap stabil," sebutnya.

Nissa mengatakan selebihnya dalam soal peresapan gizi pada atlet juga akan direkomendasikan. Karena nanti ada bidang kesehatan umum dan gizi atlet.

“Selanjutnya soal gizi, nanti akan ditangani langsung oleh dr Wirman yang akan langsung melakukan konsultasi lebih lanjut,” ujarnya.

Dalam pemeriksaan fisik, kesehatan dan psikologi itu, KONI juga bekerja sama dengan Fakultas Kedokteran Universitas Lampung (Unila). "Kami juga bekerja sama dengan FK Unila untuk pemeriksaan kesehatan para atlet," sebutnya. (red)






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos