Perekaman Penduduk Lampung Capai 89 Persen

img
Foto: Google.

Harianmomentum--Perekaman identitas atau kartu tanda penduduk (KTP) elektronik di Provinsi Lampung mencapai 89 persen atau 8,4 juta dari total 9,5 juta jiwa.

 

"Target kita, sebelum pelaksanaan Pemilihan gubernur (Pilgub) 2018, sudah mencapai 95 persen," ujar Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Diskucapil) Provinsi Lampung Achmad Syaifullah, di stadion Sumpah Pemuda, Kamis (13/7). 

 

Menurut dia, dari kesemuanya itu masih terdapat sejumlah penduduk yang belum memiliki KTP, meski sudah melakukan perekamam.

 

"Kepemilikan KTP elektronik ini tidak akan menjadi persoalan karena syarat untuk menjadi peserta pemilu harus terdaftar," ujarnya. 

 

Mereka yang belum ada KTP, ia mengatakan, pihaknya sudah melengkapi dengan surat keterangan yang menjelaskan bahwa penduduk tersebut telah terdata di Disdukcapil.

 

"Target kita 95 persen sebelum pemilihan mendatang, yang jelas, siapapun yang telah melakukan perekaman pasti akan mendapatkan haknya untuk berpartisipasi dalam pesta demokrasi," kata dia.

 

Untuk itu, ia menambahkan, pihaknya telah berupaya dan bekerja sama dengan Diskucapil kota dan kabupaten guna mendorong terlaksananya target tersebut. 

 

"Kita selalu memantau Diskucapil se Provinsi Lampung. Kita juga terus memonitoring dan melakukan evaluasi kerja setiap bulannya," kata Achmad.

 

Kadisdukcapil itu melanjutkan, pihaknya juga telah melakukan pembinaan kepada masing-masing Diskucapil dengan cara melakukan sosialisasi kepada masyarakat agar segera membuat KTP, Akte kelahiran, Kartu keluarga (KK), serta kartu identitas anak mulai dari umur 0 hingga 17 tahun.(acw)






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos