Dukungan "grassroot", Mukhlis Basri Layak Pimpin PDIP Lampung

img
Mukhlis Basri. Foto: Google.

Harianmomentum--Dukungan "grassroot" terhadap Mukhlis Basri membuatnya layak memimpin Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Provinsi Lampung. Sebagai partainya "wong cilik" gambaran itu telah mewakili keberadaannya di masyarakat.

 

"Saya sangat mendukung kalau PDIP memberikan kepercayaannya kepada Bang Mukhlis sebagai Ketua DPD PDIP Lampung periode mendatang," kata Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (Baguna) PDIP Lampung, Yohanes Joko Purwanto, di Bandarlampung, Jumat (14/7).

 

Menurut dia, dukungan itu bukan tidak memiliki dasar yang jelas. "Kita tahu bahwa saat ini lebih dari 10 kepemimpinan PDIP di tingkat cabang atau daerah se Lampung ikut mendukung beliau (Mukhlis Basri.red)," kata tim pendamping Pilkada 2017 PDIP Lampung itu.

 

Bahkan, kalangan masyarakat kecil cenderung memberikan dukungan terhadap Mukhlis Basri yang telah dua periode memimpin Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Barat.

 

"Hal tersebut, karena Mukhlis mengawali karir politik di PDIP dari bawah. Dia mantan ketua Ranting (Kordes) Pekon Purawiwitan, mantan ketua PAC (Korcam) Kecamatan Sumberjaya, dan Ketua DPC PDIP Lambar selama tiga periode," kata Joko yang juga tim pendamping Pilkada 2016 itu.

 

Bahkan, ia melanjutkan, tidak hanya kader saja yang mengetahui loyalitasnya terhadap partai. "Kader partai politik (parpol) lain juga sudah mengakui kegigihan Bang Mukhlis," katanya.

 

Ia juga menyebutkan, saat pemilihan bupati periode lalu, bahkan dapat meraih dukungan mencapai 90 persen sehingga untuk Lampung Barat dapat menjadi basis dukungan PDIP.

 

Selain itu, kata dia, saat pemilihan ketua DPD lalu juga hampir seluruh kader di 15 kabupaten/kota se Lampung mengharapkannya memimpin PDIP Lampung.

 

"Jadi, setelah Pak Ketua Sjahcroedin ZP ditunjuk sebagai Dubes Kroasia, maka kemungkinan yang akan menjabat Ketua DPD PDIP Lampung ke depan adalah Bang Mukhlis Basri," kata dia.

 

Dukungan juga tersirat dari Ketua Bidang Ideologi dan Kaderisasi Dewan Pimpinan Pusat (DPP) partai berlambang banteng moncong putih, Idham Samawi.

 

Idham menilai, sosok Mukhlis Basri cocok untuk memimpin PDIP Lampung secara definitif, pasca penunjukan Plt Ketua DPD.

 

Apalagi, lanjut dia,  Mukhlis Basri merupakan kader PDIP yang sangat militan. Itu terbukti dari perjalan karier politiknya yang  dimulai dari kader bawahan hingga menduduki kursi kepengurusan DPD PDIP Lampung.

 

"Dia (Mukhlis Basri) sudah jadi kader sejak tahun 1999. Pernah jadi ketua PAC dan DPC. Jadi punya kans kuat-lah untuk jadi ketua definitif," kata Idham, beberapa waktu lalu.

 

Dia menerangkan, salah satu aturan yang berlaku di partai besutan Megawati Sukarno Putri itu, untuk menjadi ketua DPD adalah kader asli PDIP.

 

"Kalau untuk ketua ini memang harus dari kader PDIP. Tapi kalau untuk pilgub tidak harus dari kader," terangnya.

 

Saat ini, pimpinan PDIP Lampung dijabat Bambang DH sebagai Pelaksana tugas (Plt) Ketua DPD. Dia menambahkan, salah satu agenda utama tugas Plt ketua adalah menyelenggarakan pemilihan ketua definitif.  

 

"Tidak ada konferdalub untuk pemilihan ketua definitif tidak ada konferdalub, hanya rapat kerja terbatas untuk mengusulkan calon ketua definitif," tambahnya.

 

Dia juga menerangkan, ada dua opsi dalam kebijakan penunjukan Plt Ketua DPD PDIP Lampung. 

 

Pertama, mengusulkan calon ketua definitif dalam rapat kerja. Kedua, bisa didefinitifkan untuk sementara sampai selesai pelaksanaan Pilgub Lampung.

 

Terpisah, Bupati Lambar Mukhlis Basri belum mau berkomentar banyak terkait pergantian Ketua DPD PDIP Lampung. Mukhlis mengaku, menyerahkan seluruh keputusan terkait pemilihan ketua DPD PDIP Lampung kepada Ketua Umum DPP PDIP, Megawati Soekarno Putri.

 

"Saya serahkan semua pada Bu Mega saja. Siapa yang pantas untuk jadi ketua,"kata  Bupati Lambar dua periode itu.(awn)






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos