Media Berperan Penting dalam Pembangunan, Masyarakat Diminta Waspadai Hoaks

img
PWI Tulangbawang Sosialisasi Undang-undang Pers. Foto. Rhm.

MOMENTUM, Banjaragung--Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tulangbawang Nazaruddin menyebut media memiliki peran vital dalam pembangunan di suatu daerah. 

Hal itu, ia sampaikan saat memberi arahan kepada ratusan peserta Workshop Pendidikan dan Sosialisasi Undang-undang Pers yang digelar Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Tulangbawang di Hotel Le'Man Unit II Banjaragung, Rabu, 20 November 2019.

"Peran media dalam membangun sebuah daerah sangat penting terutama dalam hal pendidikan, karena media dapat menjadi sumber acuan bagi masyarakat untuk memperoleh informasi yang aktual, terpercaya, dan dapat dibuktikan kebenarannya," kata Nazaruddin.

Kegiatan ini diharapkan menjadi bekal bagi peserta workshop agar dapat menilai setiap memperoleh informasi, apakah berita itu benar dan sesuai fakta atau berita bohong (hoaks). Pada era digital saat ini, informasi sangat mudah dan cepat menyebar, termasuk hoaks.

"Saya berharap dengan diadakannya acara ini kepala sekolah yang hadir mampu menceritakan dan menanyakan pengalaman terhadap media yang selalu di temui," ujar dia.

Antusiasme peserta mengikuti workshop tampak terlihat di lokasi kegiatan. Aula hotel yang sejatinya dipersiapkan untuk pelaksanaan kegiatan, tidak cukup untuk menampung jumlah peserta yang membludak.

"Alhamdulillah para kepala sekolah tingkat SD dan SMP serta ASN se Tulangbawang sangat antusias untuk mendapatkan ilmu dan wawasan tentang tugas dan peran pers," ujar Ketua Panitia Pelaksana Workshop Alamsyah. (rhm).






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos