Pelajar SMPN 4 Pringsewu Belajar Bikin Gerabah di Yogyakarta

img
Pelajar SMPN 4 Pringsewu study tour di Yogyakarta dan Jawa Tengah. Foto. Tyo.

MOMENTUM, Yogyakarta--Pelajar SMPN 4 Pringsewu belajar membuat kerajinan gerabah di Sanggar Sentong Kiwo, Kampung Kasongan, Kelurahan Mbangunjiwo, Kecamatan Kasian, Yogyakarta, Rabu (20-11-2019).

Sekitar 80 siswa-siswi itu belajar cara membuat hiasan dinding menggunakan tanah liat yang sudah diolah. Hasilnya, produk kerajinan berbentuk seperti patung binatang, bunga, dan lainnya. 

Mereka dipandu oleh Bambang Utoyo pemilik Sanggar Sentong Kiwo dan beberapa stafnya. 

Para pelajar kelas VIII dan IX juga diajak keliling Kampung Kasongan untuk melihat cara mengolah tanah liat untuk bahan baku gerabah, juga proses pembakaran serta diberi pemahaman tentang pemasaran baik untuk produksi lokal maupun diekspor.

Kegiatan itu dalam rangkaian study tour pelajar SMPN 4 Pringsewu di Yogyakarta, Senin-Jumat (18-22/11/2019), yang dipandu Biro Perjalanan Cahaya Travellindo.

Kepala SMPN 4 Pringsewu Antonius Widi Asmoro menjelaskan, study tour diadakan setiap tahun. Sasarannya, daerah atau tempat yang dapat memberikan nilai pendidikan bagi pelajar guna penambahan ilmu di luar kelas.

"Salah satu tujuannya, setidaknya pelajar mendapat menset bagaimana cara berusaha dan menjadi pengusaha yang baik dikemudian hari,"jelasnya 

Termasuk dalam study tour kali ini, pelajar diajak melihat salah satu keajaiban dunia. Yaitu, Candi Borobudur dan Candi Prambanan.

"Selama ini banyak di antara anak-anak yang hanya melihat di buku atau melalui televisi. Sekarang dapat melihat dan mendekati lokasi bersejarah di Indonesia yakni di Jawa Tengah dan Yogyjakarta,"ucapnya.

Disamping itu pelajar juga mengunjungi lokasi wisata seperti Gunung Merapi, Pantai Parangtritis, Goa Pindul dan Tebing Breksi."Semoga hasilnya dari study tour ini, pelajar akan menambah pengalaman. Terpenting lagi mendapat edukasi," harap Widi. (lis).






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos