Lampung Terapkan Digitalisasi Perpusda

img
Tampilan katalog koleksi digital Perpusda Lampung.

MOMENTUM, Bandarlampung--Provinsi Lampung mulai menerapkan program digitalisasi perpustakaan daerah (Perpusda). Program tersebut bertujuan mempermudah pelayanan, sekaligus upaya  meningkatkan minat baca masyarakat. 

Penerapan perpustakaan berbasis digital yang digagas Dinas Perpustakan dan Kearsipan (DPK) Provinsi Lampung terbagi dalam dua katagori: katalog serta e-perpus.

"Ada dua bentuk dari digitalisasi perpusda, pertama katalog koleksi digital dan kedua E-perpus Lampung, keduanya bertujuan agar memudahkan pemustaka menemukan dan membaca buku," kata Kepala Seksi (Kasi) Pelayanan dan Teknologi Informasi Komunikasi, Dinas Perpustakan dan Kearsipan Provinsi Lampung, Alson kepada Harianmomentum.com, Selasa (14-1-2020).

Baca Juga : Butuh Bahan Bacaan? Perpusda Lampung Punya 169.085 Koleksi Buku Bacaan 

Keduanya, menurut dia, merupakan bentuk pengembangan pelayanan perpustakaan bagi pemustaka (pengguna perpustakaan) yang berminat membaca.

Katalog koleksi digital akan mempermudah pencarian di rak buku. Pemustaka hanya duduk di fasilitas komputer yang disediakan dan mengetik kata kunci pencarian.

Sementara e-perpus Lampung adalah aplikasi untuk mempermudah pembaca mencari e-book (buku online) dan membuat pembaca semakin praktis karena bisa membaca melalui gawai ataupun telepon pintar.

"e-perpus Lampung bisa diunduh melalui Playstore andoid maupun IOS (Iphone Operating System) pada produk Apple," jelasnya. (rft)



Leave a Comment