Cegah Kejahatan, Tim Scorpion Tambah Personel

img
Waka Polres Metro, Kompol Hendriansyah, saat memimpin apel bersama anggotanya./ist

MOMENTUM, Metro--Kepolisian Resor (Polres) Metro akan menambah jumlah personel Tim Scorpion guna meminimalisasi angka kejahatan baik jalanan, Curas, Curat maupun Curanmor (C3).

Waka Polres Metro, Kompol Hendriansyah memgatakan tim itu telah terbentuk sejak 15 Januari 2020 dan efektif dalam menekan angka kejahatan di malam hari.

"Sampai hampir satu bulan terakhir belum ada laporan kejadian malam hari. Selain itu, hasilnya juga aktivitas remaja yang berkumpul dipinggir maupun perempatan jalan hingga larut malam musi berkurang," kata Wakapolres, Selasa (11-2-2020).

Kedua, menurut dia, alhamdulillah selama ada tim Scorpion belum ada laporan kejadian curanmor di malam hari. "Ini berdasarkan hasil laporan yang masuk ke kepolisian, kita tidak tahu kalau masyarakat tidak melapor," kata dia.

Dia menjelaskan, Polres Metro memiliki dua tim Scorpion yang masing-masing diisi oleh enam personel. Rencananya, dalam waktu dekat Polres Metro bakal menambah satu tim Scorpion lagi.

"Satu tim itu ada 6 personel, sekarang kita ada 2 tim dan ini akan kita tambah 1 tim lagi menjadi 3 tim. Jadi tim scorpion ini awalnya diarahkan ke daerah pinggiran Metro yang wilayahnya tidak dapat dilalui oleh patroli R4. Selain C3, antisipasi kejahatan jalanan malam lainnya juga menjadi tugas yang ditangani tim scorpion," jelas Kompol Hendriansyah.

Mantan Wakapolres Mesuji itu menyampaikan telah memetakan dua wilayah di Metro yang masuk jalur rawan pelarian pelaku tindak kejahatan.

"Yang menjadi atensi khusus tim scorpion beraksi adalah wilayah Metro Timur dan Selatan. Karena, dua wilayah ini menjadi jalur pelarian pelaku kejahatan, dan terduga pelaku mayoritas dari luar Metro," paparnya.

Cara kerja tim scorpion, masih kata dia, untuk menekan angka kejahatan malam dengan melakukan patroli hunting dan patroli dialogis. Patroli hunting itu, akan berkeliling dan menghentikan serta memeriksa apabila terdapat hal yang mencurigakan.

Sedangkan patroli dialogis lebih ke penguatan imbauan kamtibmas ke masyarakat yang sasarannya anak muda yang berkumpul di pinggir jalan hingga larut malam. Maka itu, akan dilakukan imbauan dan meminta mereka pulang ke rumah masing-masing.

Guna mempercepat proses penangkapan pelaku kejahatan, Kompol Hendriansyah juga mengimbau masyarakat agar melaporkan secepat mungkin setiap kejadian yang merugikan warga.

"Kami mengimbau masyarakat Kota Metro untuk segera melaporkan apabila ada kejadian kehilangan, sehingga dapat secepatnya dilacak oleh petugas Kepolisian," ujarnya.(rls/pie)






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos