Tulangbawang Gencar Tingkatkan Minat Baca

img
Seremoni penyambutan Kepala Perpustakaan Nasional Muhammad Syarif Bando sebagai pembicara utama talkshow Meningkatkan Budaya Membaca di Kabupaten Tulangbawang

MOMENTUM, Menggala--Pemerintah Kabupaten Tulangbawang menyelenggarakan talkshow (dialog) bertajuk Meningkatkan Budaya Gemar Membaca, Rabu (4-3-2020).

Kegiatan yang dihelat di Gedung Serba Guna Menggala itu menghadirkan pembicara utama Kepala Perpustakaan Nasional Muhammad Syarif Bando dan Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Lampung Ferynia. 

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Tulangbawang Syarif Ali mengatakan, kegiatan tersebut bagian dari rangkaian acara peringatan Hari Ulang Tahun ke 23 kabupaten setempat.

Selain talkshow, kegiatan juga dirangkain dengan seremoni pengukuhan Bupati  Winarti sebagai Bunda Linterasi Kabupaten Tulangbawang dan lomba bercerita  tingkat pelajar sekolah dasar serderajat.

Bupati Winarti dalam sambutanya mengatakan, peningkatan kualitas sumber daya manusia merupakan salah satu tolok ukur keberhasilan program pembangunan. Karena itu, menumbukan budaya membaca masyarakat harus menjadi prioritas sebagai bagian dari upaya peningkatan minat baca, khususnya generasi muda.

"Peringatan HUT ke 23 Kabupaten Tulangbawang harus menjadi momentum memotivasi efektifitas program pembangunan bidang peningkatan sumber daya manusia," kata bupati.  

Hal senada disampaikan Kepala Perpustakaan Nasional Muhammad Syarif Bando. Menurut dia, pembangunan SDM menjadi faktor penentu keberhasilan program pembangunan di bidang lainya.

Upaya peningkatan kualitas SDM, lanjut dia, tidak bisa hanya mengandalkan pendidikan formal. Harus ada upaya kontinyu untuk meningkatkan minat baca masyarakat, khsusnya generasi muda.

"Perpustakaan adalah jantungnya  dunia pendidikan. Diperpustakaanlah tersimpan berbagai buku yang menjadi jendala pengetahuan kita. Karena itu, perlu peran aktif semua pihak untuk meningkatkan minat baca masyarkat, khususnya generasi muda," terangnya. (**)

Laporan: Abdul Rohman

Editor: Munizar






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos