Virus Corona, RSUD Menggala Siapkan Ruang Isolasi

img
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tulangbawang Fatoni. Foto. Ist.

MOMENTUM, Menggala--Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Menggala, Kabupaten Tulangbawang (Tuba) menyiapkan satu ruangan khusus isolasi untuk mengkarantina pasien dengan gejala seperti terjangkit virus Corona atau Covid-19. 

Menurut Kepala Dinas Kesehatan (Dinkies) Kabupaten Tuba Fatoni, pasien yang dikanrantina di ruang isolasi itu hanya sementara sebelum dirujuk ke rumah sakit yang memiliki fasilias menangani pasien terjangkit virus Corona. 

Dinkes Tuba, kata dia, bekerja sama dengan Pelabuhan Panjang dan Bandara Radin Inten II untuk memantau warga Tuba, terutama yang baru datang dari luar negeri.

"Kami bergerak cepat dengan melakukan pemeriksaan terhadap tenaga kerja Indonesia (TKI) asal Tuba yang kembali ke tanah air," ujar Fatoni yang dikutip dari website Dinkestuba, Kamis (5-3-2020).

Selanjutnya, hasil pemeriksaan yang dikirim ke provinsi dan kabupaten. Jika ada yang dicurigai terinfeksi virus Corona, langsung dilakukan isolasi di pelabuhan atau bandara. "Belum diperbolehkan pulang ke daerah asal sampai hasil pemantauan dan pemeriksaan virus corona dinyatakan negatif," katanya. 

Menurut pantauan Dinkes Tuba, ada sekitar 49 warga Tulangbawang yang baru pulang dari luar negeri, termasuk 27 orang TKI. "Seluruhnya dipastikan dalam kondisi sehat," katanya.

Dinkes Tuba juga melakukan pemantauan dengan membentuk Tim Survei Puskesmas yang terdiri dari puskesmas di Kecamatan Penawartama, Gedungaji Baru, Banjaragung, Gedungaji, Menggala, Banjarmargo, Meraksaaji, Gedungmeneng, Penawaraji, Rawajitu Selatan, dan kecamatan Denteteladas.

Tim tersebut melakukan pendataan dan pemeriksaan kesehatan kepada warga yang baru pulang ke kampung halaman dari luar negeri. Sejauh ini, hasil pemantauan terhadap 49 warga Tulangbawang dalam kondisi sehat.

Sementara rumah sakit rujukan untuk warga terinfeksi virus Corona di Provinsi Lampung adalah RSUD Abdul Moeloek Bandarlampung, RSUD Bob Bazar Kalianda Lampung Selatan, RSUD Mayjen HM Ryacudu Kotabumi Lampung Utara, dan RSUD Ahmad Yani Metro. (*).

Laporan: Abdul Rahman.

Editor: M Furqon.






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos