RSUD Tubaba Siapkan Empat Ruang Isolasi Covid-19

img
Rumah Sakit Umum Daerah Tulangbawang Barat. Foto. Solihin.

MOMENTUM, Panaragan--Pemerintah Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) telah menyusun rencana kegiatan untuk mencegah penyebaran virus Corona atau Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), 

Kegiatan itu mulai dari pembentukan Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19, penyedian ruang isolasi, pengawasan terhadap pendatang, serta penyemprotan disinfektan fasilitas umum.

Bupati Tubaba Umar Ahmad menjelaskan, Pemkab Tubaba juga sudah mendirikan posko Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19 di RSUD Tubaba.

"Posko tersebut untuk melakukan pelacakan dan pengawasan terhadap warga yang datang dari luar daerah," katanya, Jumat (3-4-2020).

Petugas di puskesmas bekerja sama dengan aparat kecamatan dan tiyuh/desa, diminta melaporan secara berkala. Melaksanakan prosedur penanganan antisipasi covid-19 tingkat puskesmas dan rumah sakit sesuai dengan standar operasional pelayanan.

Selain itu, disiapkan satu ruangan isolasi tekanan negatif lengkap dengan alat pelindung diri (APD) di RSUD Tubaba dan empat ruangan isolasi.

Penyemprotan desinfektan sudah dilakukan, seperti di jalan-jalan protokol, perkantoran, rumah ibadah, fasilitas umum, kecamatan, puskesmas, dan tiyuh. "Kami juga membuat bilik desinfektan di kantor Pemkab Tulangbawang Barat, RSUD, dan Puskesmas," katanya.

Kegiatan lain, dia menyebutkan, pendataan, proyeksi dan ketersediaan alat-alat kesehatan, pengawasan terhadap orang yang pulang dari perjalanan luar negeri, membentuk tim gerak cepat.

Seluruh puskesmas diminta berkoordinasi dengan uspika dalam mengantisipasi penyebaran Covid-19, melakukan sosialisasi melalui berbagai media, termasuk menggunakan mobil puskesmas keliling.

"Pemkab Tubaba juga menyiapkan anggaran untuk pembelian obat-obatan," ujarna tanpa merinci nilainya. (*).

Laporan: Solihin.

Editor: M Furqon.







Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos