Gema Taat Ajak Seluruh Elemen Masyarakat Perangi Corona

img
Selebaran talk show online

MOMENTUM, Bandarlampung--Gerakan Bersama Kita Kuat (Gema Taat) mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bersama memerangi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Hal itu disampaikan Rektor Universitas Bandarlampung (UBL) Prof M Yusuf S Barusman MBA selaku inisiator Gema Taat saat Talk Show secara online melalui Aplikasi Zoom, Jumat (17-4-2020).

Menurut Yusuf, dalam memerangi Covid-19, tidak hanya tanggung jawab satu pihak. Tetapi diperlukan peran seluruh elemen masyarakat.

Dia menjelaskan dalam menghadapi wabah tersebut ada tiga langkah yang bisa diimplementasikan. Pertama, memberi pemahaman yang benar kepada masyarakat tentang Covid-19 dan bagaimana pencegahannya.

"Kedua kita bicara bagaimana menghentikan penularannya, sudah banyak yang kita dapatkan khususnya dari protokol-protokol pemerintah mengenai penanganan pencegahan penularan virus ini," terangnya.

Ketiga, dengan memperbanyak berbagai diskusi untuk mendapatkan solusi-solusi praktis merespon dampak Covid-19 ini.

"Karena dampaknya menjadi kompleks yang diakibatkan oleh berbagai kebijakan terkait kesehatan masyarakat yang juga berdampak pada bidang ekonomi, sosial, dan lainnya,” papar Yusuf.

Yusuf juga menyebut terkait peran anak muda terhadap pandemi Covid-19. Seperti yang diketahui resiko terbesar yang terpapar virus ini adalah anak muda.

"Hal ini dilihat dari perilaku yang mereka terapkan. Infeksi terbesar yang kita lihat dibeberapa negara adalah anak muda yang tidak menunjukkan gejala, dan ini berbahaya sekali karena mereka bisa menjadi pembawa yang mungkin dengan perilakunya apabila keluar rumah tidak menggunakan masker, berkerumun kemudian bertemu dengan keluarga atau orang-orang dengan kondisi tubuh rentan dengan penyakit bawaan, maka para anak muda ini secara tidak sadar bisa menularkan kepada orang lain," sebutnya.

Sementara, Dr dr Khairun Nisa Berawi memberikan edukasi dan sosialisasi mengenai perilaku hidup sehat dalam mengatasi penyebaran covid-19.

"Ada empattahapan pengelolaan yang harus kita lakukan, tahapan pertama adalah pengelolaan lingkungan. Udara dan lingkungan yang sehat dan cahaya matahari yang cukup, mampu membuat Covid-19 tidak cukup layak bertahan di lingkungan sekitar kita," jelasnya.

Kemudian, melakukan pengelolaan sosial, termasuk social distancing dan physical distancing, meskipun begitu komunikasi secara virtual di era pandemi ini harus terus dilakukan sehingga kesehatan dan ketahanan mental kita ikut terjaga.

Selanjutnya, pengelolaan keluarga, seperti yang kita tahu situasi ini mengharuskan kita untuk tetap di rumah sehingga penguatan keluarga sangat penting dilakukan agar tidak hanya stay at home namun juga happy at home, seperti kegiatan makan bersama, olahraga bersama, ibadah bersama yang tentunya diharapkan kita tetap merasa menyenangkan di rumah.

"Yang terakhir adalah pengelolaan individu, yakni menjaga pola makan, biasakan cuci tangan dengan air mengalir dan sabun, konsumsi buah dan sayur, rutin minum air, berjemur, serta olahraga minimal dua kali seminggu,” tutur Nisa.

Sebagai perwakilan Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, dr Lusi Damayanti berpesan kepada masyarakat untuk mendukung penerapan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) dan juga mengikuti anjuran anjuran pemerintah dalam menghadapi Covid-19.

"Untuk Informasi mengenai Covid-19 ini, masyarakat dapat menghubungi hotline service kami dinomor 081274156087”, pungkas dr Lusi. (rls)






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos