SBMPTN Unila Dibuka, Berikut Saran dan Cara Pendaftarannya

img
Ilustrasi UTBK-SBMPTN. Foto: ist

MOMENTUM, Bandarlampung--Pendaftaran Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) - Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) Universitas Lampung (Unila) telah dibuka, Selasa (2-6-2020).

Humas Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Unila M Komarudin mengatakan, pendataran UTBK-SBMPTN dilakukan secara online melalui laman https://portal.Itmpt.ac.id.

Langkahnya, pertama peserta login ke portal.Itmpt.ac.id menggunakan akun Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). Selanjutnya peserta memilih pusat UTBK.

“Pilihlah yang terdekat dengan tempat tinggal. Ada 74 pusat UTBK-SBMPTN pada tahun ini. Untuk di Lampung ada di dua tempat, kampus Unila dan Itera," kata M Komarudin saat diwawancarai harianmomentum.com, Selasa (2-6).

Langkah berikutnya peserta melakukan pembayaran melalui bank mitra sebesar Rp150 ribu.

“Ada tiga bank di sini: Mandiri, BNI dan BTN sebagai mitranya. Peserta yang telah menyelesaikan pembayaran selanjutnya akan mendapatkan nomor peserta,” jelas Komar.

Namun, sambung dia, jika peserta mempunyai nomor pendaftaran KIP (Kartu Indonesia Pintar) Kuliah dan terdapat flag bebas bayar biaya UTBK, maka akan langsung mendapatkan nomor peserta tanpa harus melakukan pembayaran ke bank mitra.

Setelah melakukan pembayaran, peserta harus login kembali ke portal.Itmpt.ac.id menggunakan akun LTMPT. Selanjutnya peserta bisa memilih program studi (Prodi).

“Sebaiknya peserta memilih Prodi sesuai kemampuan yang dimilikinya,” imbau Komar.

Menurut Komar, pemilihan prodi yang tepat akan lebih memudahkan calon mahasiswa dalam mengikuti seleksi. Terlebih setelah nantinya dia dinyatakan lulus dan mengikuti program perkuliahan.Pasca memilih prodi, peserta mengunggah portofolio (apabila disyaratkan oleh prodi).

Berikutnya peserta melakukan konfirmasi dan simpan data secara permanen. Setelah melakukan simpan secara permanen, peserta dapat mengunduh kartu tanda peserta UTBK-SBMPTN.

Komar mengimbau para peserta yang ingin mendaftar untuk tidak mengulur waktu. Sebab pendaftaran akan ditutup pada 20 Juni 2020. Sementara untuk pelaksanaan UTBK dijadwalkan pada 5-12 Juli 2020.(**)

Laporan/Editor: Agung Chandra Widi






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos