Dua Dosen STMIK Pringsewu Masuk Top 500 Peneliti

img
Ilustrasi. Foto. Ist.

MOMENTUM, Pringsewu--Dua dosen Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Pringsewu masuk Top 500 Peneliti Versi Sinta yang diupdate pada 28 Mei 2020 bertepatan dengan Webinar SINTA Series 1. 

Kedua peneliti itu yakni M. Muslihudin (ranking 115) dan Satria Abadi (ranking  210). Pemeringkatan berdasarkan data yang terdapat di Science and Technology Index (Sinta) dari tahun 2017 hingga 2019.

Menurut Muslihudin, penilaian itu berdasarkan indikator jumlah publikasi pada jurnal internasional, jurnal nNasinonal dan jumlah civitation pada setiap artikel yang dipublikasi.  Publiksi pada jurnal ilmiah memberikan nilai dampak bagi penulis dan perguruan tinggi.

Sekitar 70 dosen tetap STMIK Pringsewu aktif dalam publikasi. "Sehingga rangking STMIK Pringsewu dalam tiga tahun terahir adalah 78 (berdasarkan Sinta)," jelasnya. 

Dia mengatakan, selain penelitian dosen, kolaborasi penelitian juga melibatkan mahasiswa STMIK Pringsewu dan dosen peneliti dari perguruan tinggi lain, baik negeri maupun swasta sehingga jejaring penelitian mencakup kajian yang lebih luas. 

Muslihudin menambahkan, STMIK Pringsewu memilki dua Jurnal Ilmu Komputer yang terakreditsi oleh Sinta Ristekbrin yaitu Jurnal TAM Terkareditasi Sinta 4 (Tahun 2019) dan Jurnal IJISCS Terakreditasi Sinta 5 (Tahun 2020). Sehingga ini menjadi penambah nilai bagi dosen, mahasiswa dan STMIK Pringsewu.

Dia mengharapkan pada tahun mendatang, dosen STMIK Pringsewu bisa masuk Top 500 Peneliti dan Penulis Jurnal Produktif. "Hal ini terlihat keaktifan dosen dalam melakukan publikasi ilmiah pada jurnal nasional dan internasional sejak tahun 2017 sampai awal 2020," imbuh Muslihudin.

Pendiri Yayasan Yayasan STMIK Pringsewu Fauzi mengapresiasi dua dosen dari STMIK Pringsewu menjadi peneliti terbaik Indonesia. 

Pada 2018 STMIK Pringsewu memenangkan 10 hibah program dosen pemula dari Kemenristekdikti RI.

Ke-10 dosen penerima PDP itu meliputi bidang ilmu riset administrasi pendidikan, bidang ilmu riset teknik komputer. Sedang tujuh dosen lainnya mendapatkan hibah dalam bidang ilmu ilmu riset sistem informasi.

Banyaknya dosen yang mendapatkan dana hibah Program Dosen Pemula (PDP), mengindikasikan daya kreasi dan inovasi dosen di lingkungan kampus STMIK Pringsewu semakin tinggi, ujar Fauzi yang juga Wakil Bupati Pringsewu. (*).

Laporan: Sulistyo/Rls.

Editor: M Furqon.






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos