Kalapas Rajabasa dan Wayhui Serta Kadivpas Dimutasi

img
Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenkumham Lampung Bambang Haryono (kanan). Foto: Agung Dharma Wijaya

Harianmomentum--Tertangkapnya oknum pegawai Lembaga Pemasyarakat (Lapas) Rajabasa yang diduga terlibat peredaran narkoba pada beberapa waktu lalu, berimbas luas. 


(Baca: Oknum Lapas Rajabasa Terlibat Sindikat Narkoba)

 

Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadivpas) Kementerian Hukum dan Hak Azasi Manusia (Kemenkumham) Provinsi Lampung, Giri Purbadi dimutasi ke Jawa Timur.

 

Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenkumham Lampung Bambang Haryono, membenarkan pemutasian itu. 

 

"Iya memang benar pak Giri dimutasi ke Jawa Timur, dan penggantinya nanti dari Kanwil Kemenkumham Kalimantan," ujar Bambang kepada harianmomentum saat ditemui di Kanwil Kemenkumham yang berada di Jalan Wolter Monginsidi Bandarlampung, Senin (7/8). 

 

Dia melanjutkan, bukan hanya Kadivpas yang dimutasi, tetapi Kepala Lapas Rajabasa dan Wayhui juga dilakukan rotasi. 

 

Dia menjelaskan, untuk Kalapas Rajabasa dipindahkan ke Lapas Cipinang. Sedangkan Kalapas Wayhui dimutasi ke Lapas Nusakambangan. 

 

"Yang di Rajabasa digantikan oleh Kalapas Nusakambangan, Kalau yang di Wayhui masih diangkat Pelaksana Tugas (Plt), " jelasnya. 

 

Namun, dia menegaskan kepindahan mereka bertiga tidak ada kaitannya dengan kasus peredaran narkoba yang dikendalikan oleh salah satu penghuni Lapas Rajabasa Bandarlampung.

 

Karena, lanjut dia, mutasi tersebut sudah dijadwalkan sebelum kasus tersebut terbongkar. 

 

"Jadi kalau bilang kepindahan mereka diakibatkan kasus kemarin itu salah, karena ketiganya sudah dilantik sebelum kasus tersebut terungkap," jelasnya. 

 

Selain itu, tegas dia, pihaknya juga sudah melakukan sosialisasi ke lapas lapas, untuk mengantisipasi keterlibatan oknum pegawai dalam peredaran narkoba. 

 

Namun, lanjut dia, setiap instansi selalu ada oknum-oknum yang terlibat, walaupun telah dilakukan pembinaan. 

 

"Kalau sosialisasi selalu kita lakukan, karena Kemenkumham juga ada Satuan Petugas (Satgas) yang akan mengawasi setiap oknum di lapas," terangnya. (adw)

 






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos