Komitmen Tak Bermain Fee, Hipni Beber Strategi Jitu

img
Bakal Calon Bupati Lampung Selatan (Lamsel) H Hipni sosialisasi visi misi.

MOMENTUM, Katibung--Bakal Calon Bupati Lampung Selatan (Lamsel) H Hipni membeberkan strategi jitu untuk mewujudkan program pembangunan untuk masyarakat.

Hipni menawarkan pembangunan tanpa retorika omong kosong. Menurut suami Yuti Ramayanti itu, kunci keberhasilan kepala daerah dalam mewujudkan visi-misi atau program kerja adalah dengan jualan regulasi (Peraturan) yang berpihak kepada kepentingan masyarakat melalui Pemerintah kabupaten (Pemkab) setempat.

"Jika masyarakat mengamanahkan untuk memimpin Lampung Selatan, saya berkomitmen tidak akan bermain fee proyek. Hal ini untuk memastikan kualitas pembangunan serta mewujudkan jalan mulus hingga pedesaan," kata dia.

Dia melanjutkan, lalu kepala daerah dapat duit dari mana, sedangkan biaya politik mahal. "Nah, seperti yang kerap diungkapkan, saya hanya tinggal menjual regulasi dengan membentuk badan usaha milik daerah (BUMD) yang akan menyediakan seluruh material infrastruktur proyek pembangunan. Semua rekanan yang dapat proyek wajib membeli di BUMD tersebut," ungkap Hipni saat sosialisasi dengan sejumlah masayarakat di bengkel bubut PT Lautan Teknis Perkasa, Dusun Tanjungjaya, Desa Tanjungratu, Kecamatan Katibung, Minggu (5-7-2020).

Dengan begitu, selain menciptakan sistem pengawasan, pemkab dapat mengontrol volume dan kualitas material dari setiap rekanan yang melaksanakan proyek, dari sisi usaha bisa dipastikan keuntungan dapat dicapai oleh BUMD tersebut.

"Persentase keuntungan atau margin BUMD merupakan hak pendapatan daerah yang sah," kata dia.

Maka, rekanan harus membeli material sesuai RAB dan sesuai kualitas yang dibutuhkan. "Dengan membeli ke BUMD, pemda dapat mengecek langsung bagaimana kualitas material yang digunakan pihak rekanan. Karena tidak ada potongan fee proyek, kualitas pembangunan akan lebih baik," ungkap anggota DPRD Lamsel 2 periode itu.

Antusiasme masyarakat terlihat cukup baik, mengingat program kerja yang ditawarkan tidak lazim atau sebuah terobosan baru yang masih belum familiar.

Kendati begitu, perwakilan masyarakat Edy Wibowo mengungkapkan harapannya selaku salah satu pengusaha di Lampung Selatan agar dapat mengeluarkan kebijakan atau aturan yang berpihak ke masyarakat, namun juga mempertimbangkan kepentingan pengusaha.

"Insya Allah kalau Bang Hipni terpilih jadi bupati, Kabupaten Lampung Selatan jadi wilayah industri dan membuka lapangan pekerjaan yang luas. Kebijakannya berpihak ke masyarakat, namun tetap mengakomodir kepentingan pengusaha. Artinya pemimpin yang baik dapat adil untuk semua golongan. Buktinya, belum jadi bupati saja, beliau sudah menciptakan lapangan pekerjaan, beliau mempunyai pabrik baja dan pabrik beras di Lampung Selatan," ungkap owner PT Lautan Teknis Perkasa ini. (**)

Laporan: Alpandi

Editor: Agus Setyawan






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos