Penyelenggara Pemilu di Lampung Diminta Profesional

img
Apel kesiapan Pilkada tahun 2020 yang dilaksanakan secara daring.//ist

MOMENTUM, Bandarlampung--Seluruh penyelenggara Pemilihan Umum (Pemilu) di Provinsi Lampung diminta untuk dapat bekerja secara profesional.

Hal itu disampaikan oleh Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Divisi SDM dan Litbang Ilham Saputra saat apel kesiapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2020.

Apel secara daring itu diikuti seluruh jajaran KPU kabupaten/kota se-Lampung yang diperkirakan kurang lebih 15.000 orang, Selasa (28-7-2020).

"Dimohon kepada jajaran KPU provinsi, KPU kabupaten/kota, PPK dan PPS se-Provinsi Lampung untuk bekerja secara profesional dan menjaga integritas sebagai penyelenggara pemilu,” kata Ilham Saputra melalui siaran pers yang diterima harianmomentum.com, Selasa siang (28-7).

Menurut dia, untuk mencapai suksesnya pemilu, dibutuhkan kompentensi Sumber Daya Manusia (SDM) yang handal.

“Penyelenggara pemilihan harus memahami semua regulasi yang ada, baik dalam Undang-Undang Pemilu maupun peraturan KPU terkait teknis pemilihan,” jelasnya.

Sementara, Komisioner KPU RI Viryan Aziz (korwil Provinsi Lampung) menyampaikan apresiasi kepada KPU Provinsi Lampung yang telah berhasil menyelenggarakan kegiatan apel kesiapan Pilkada Serentak 2020.

“Kami pun mengucapkan terima kasih Kepada Pemda Provinsi Lampung yang telah membantu pelaksanaan tahapan Pilkada serentak 2020,” kata dia.

Viryan juga meminta semua jajaran KPU di Provinsi Lampung untuk terus menjalin komunikasi, koordinasi dan kerjasama yang baik dengan semua pihak. “Ada sembilan hal baru pada saat pemungutan suara 9 Desember 2020,” ujarnya.

Kesembilan hal baru tersebut: pemilih maksimal 500 orang per-TPS, pengaturan kedatangan pemilih ke TPS, mengenakan masker, cek suhu,  sterilisasi TPS,  KPPS sehat, memakai sarung tangan sekali pakai,  sterilisasi paku sebagai alat coblos, dan tinta tetes bagi pemilih yang sudah menggunakan hak pilihnya.

“Sembilan hal baru ini harus disosialisasikan secara masif oleh teman-teman KPU dan jajarannya,” serunya.

Terpisah, Ketua KPU Provinsi Lampung Erwan Bustami mengatakan bahwa apel kesiapan Pilkada 2020 dalam rangka ajang konsolidasi internal.

“Ini pun untuk memastikan kesiapan semua jajaran penyelenggara pemilihan di 8 kabupaten/kota yang melibatkan PPK dan PPS untuk suksesnya Pilkada serentak di Provinsi Lampung,” kata Erwan dalam laporannya. 

Dalam apel daring tersebut, turut hadir juga Ketua DKPP RI Prof Muhammad, Ketua Komisi II DPR RI Ahmad Doli Kurnia Tanjung, dan Wakil Gubernur Provinsi Lampung Chusnunia Chalim. (rls)

Editor: Agung Chandra Widi






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos