DPRD Dukung Pringsewu Tuan Rumah Porprov

img
Ketua DPRD Pringsewu Suherman menyampaikan sambutan pada acara pelantikan pengurus KOK Banyumas

MOMENTUM, Pringsewu--Rencana Kabupaten Pringsewu menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Lampung tahun 2022, menuai dukungan dari DPRD setempat. 

Dukungan tersebut disampaikan Ketua DPRD Pringsewu Suherman saat pelantikan dan pengukuhan Koordinator Olahraga Kecamatan (KOK) Banyumas. Kegiatan berlangsung di Aula  Pekon/Desa Banyumas, Sabtu (17-10-2020).

"Intinya, saya atas nama Ketua DPRD Pringsewu mendukung sepenuhnya, jika Kabupaten Pringsewu akan menjadi tuan rumah Porprov di tahun 2022 mendatang. Masalah anggaran, nanti akan kami bahas dengan pimpinan lain dan bidang terkait di DPRD," kata Suherman. 

Meski demikian, lanjut dia, untuk saat ini alokasi anggaran daerah masih diprioritaskan untuk penanganan pandemi covid.

"Semoga Pandemi Covid-19 cepat berlalu, sehingga bisa mempermudah mengalokasikan anggaran seperti persiapan pelaksanaan Porprov 2022 di Kabupaten Pringsewu, harapnya.

Hal senada disampaikan Kepala Dinas Pemuda, Olahrga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Pringsewu Jahron. Menurut dia, Disporapar siapa mendukung rencana pelaksanaan Porprov di kabupaten setempat. "Ini merupakan momen penting  yang dilaksanakan empat tahun sekali. Karena itu, kami siap mendukung pelaksanaan Porprov di Kabupaten Pringsewu," katanya.

Karena itu, dia meminta, KONI (Komite Olahraga Nasional) Kabupaten Pringsewu dan pihak terkait lainnya untuk mempersiapkan segala sesuatunya secara matang.

"KONI harus segera menginventarisir sarana dan prasarana pendukung untuk pelaksanaan Porprov, seperti lokasi pertandingan berbagai cabor maupun penginapan para peserta," pintanya.

 Sebelumnya, Ketua KONI Kabupaten Pringsewu Dwi Pribadi meminta kepada DPRD dan pemkab setempat untuk mendukung persiapan menjadi tuan rumah Porprov tahun 2022. Terutama terkait, masalah anggaran. 

"Kami dari KONI Pringsewu siap melaksanakan mandat dan amanah menjadi tuan rumah Porprov 2022. Namun, harus didukung semua pihak termasuk anggarannya," kata Dwi.

Menurut dia, sejak pengurus KONI Pringsewu dilantik pada 10 Agustus 2020 lalu, berbagai persiapan untuk menjadi tuan rumah Porprov terus dilakukan.

"Persiapan awal yang kita lakukan adalah pembenahan dan penataan administrasi internal KONI. Termasuk membentuk pengurus KOK di sembilan kecamatan sebagai perpanjangan tangan KONI," ungkapnya.

Kemudian pada program sekitar Maret-April 2021 mendatang, KONI akan menggelar Pekan Olahraga Kecamatan (Porcam). Agenda itu bagian dari tahap  penyeleksian atlie dari berbagai cabang olahraga (cabor) yang akan diturnkan dalam Porprov.

"Dari agenda Porcam itu, akan kita lanjutkan dengan  Pekan Olahraga Kabupaten (Porkab) pada Juli-Agustus 2021. Atlet Porkab itulah yang nanti kita persiapkan untuk turun di ajang Porprov," terangnya.

Karena itu, dia meminta pengurus KOK yang telah dikukuhkan segera melaksanakan program kerja menyeleksi dan melakukan pembinaan atlet di tingkat kecamatan. (**)

Laporan: Sulistiyo

Editor: Munizar



Leave a Comment