Operasi Zebra Krakatau, Ditlantas Prioritaskan Tujuh Target Utama

img
Direktur Lalu Lintas Polda Lampung Kombes Pol Donny Sabardi Halomoan Damanik saat memberikan keterangan pers./iwd

MOMENTUM, Bandarlampung--Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Lampung memprioritaskan tujuh target utama dalam pelaksanaan Operasi Zebra Krakatau 2020. Kegiatan tersebut akan dilaksanakan selama 14 hari dimulai 26 Oktober hingga 8 November mendatang.

Hal tersebut diungkapkan Direktur Lalu Lintas Polda Lampung Kombes Pol Donny Sabardi Halomoan Damanik saat menggelar Silaturahmi Ditlantas Polda Lampung dengan Awak Media, Rabu (21-10-2020).

"Kami juga akan menggelar pengamanan pada saat libur panjang. Yang digelar sejak tanggal 28 Oktober hingga 1 November 2020," ujar Kombes Pol Donny Sabardi Halomoan Damanik kepada awak media.

Adapun tujuh prioritas utama diantaranya berkurangnya jumlah pelanggaran dan kejadian lalu lintas. 

Kedua, adanya peningkatan kualitas keselamatan di jalan dan menurunkan fatalitas korban lakalantas. Lalu, terbangunnya budaya tertib lalu lintas khususnya kalangan generasi milineal dan para peserta  kampanye Pilkada serentak tahun 2020.

Ketiga, terciptanya situasi Kamseltibcarlantas yang kondusif di tengah pandemi Covid-19. Selanjutnya, terbangunnya budaya masyarakat melakukan kebiasaan baru berlalu lintas antara lain menggunakan masker, cuci tangan, jaga jarak, dan tidak berkerumunan. 

Kemudian, berkurangnya angka penularan Covid-19 khususnya di jalan arteri dan jalan tol yang memungkinkan menjadi klaster penyebaran penyakit itu. 

Kombes Donny mengatakan akan bertindak tegas untuk hukum penegakan Over Dimension  Over Loading (Odol). "Kendaraan berat yang melebihi kapasitas akan jadi fokus untuk penertiban operasi kali ini," ungkapnya.

Untuk itu, Direktur Lalu Lintas Polda Lampung meminta masyarakat Lampung yang sering berkendara menggunakan sepeda motor atau mobil, untuk melengkapi surat-suratnya.

"Kami juga akan menggelar pengamanan pada saat libur panjang. Yang digelar sejak tanggal 28 Oktober hingga 1 November 2020," ujar Kombes Pol Donny Sabardi Halomoan Damanik kepada awak media.

Donny menuturkan, dalam operasi ini, pihaknya akan menurunkan sebanyak 588 personel dari Polda Lampung dengan rincian sebanyak 94 personel dari Polda dan 494 personel dari Polres jajaran di Polda Lampung.

Selain itu, lanjutnya, operasi ini juga digelar agar terbangunnya budaya tertib berlalulintas. Khususnya menyasar kalangan generasi millenial dan peserta kampanye Pilkada tahun 2020.(**)

Laporan: Ira Widya/Alfanny Pratama

Editor: Agus Setyawan






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos