Mahasiswa UIN, Raup Jutaan Rupiah dari Jualan Ikan Cupang

img
Kendi Gunawan menjual ikan Cupang di sela-sela kuliah daring. Foto. Alfanny.

MOMENTUM, Bandarlampung--Pandemi Corona Virus Disaese (Covid-19) tak hanya berdampak terhadap kesehatan manusia. Tetapi juga berpengaruh bagi para pelaku usaha.

Data Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Lampung mencatat sekitar 3.481 UMKM  (usaha mikro kecil dan menengah) mengalami kerugian.

Namun di balik itu, ada pelaku usaha yang ketiban untung di tengah pandemi. Seperti yang dinikmati Kendi Gunawan yang menjual beragam jenis ikan Cupang. 

Dia membuka usaha di trotoal Jalan Hayam Wuruk, Kedamaian, Bandarlampung. Menurut Koko Gun --sapaannya, dalam sehari omsetnya bisa mencapai Rp1,7 jutaan. Dari jumlah itu, dia raup untung sekitar Rp1,3 juta.

"Modalnya paling sekitar Rp400 ribu untuk beli pakan dan perawatan. Lalu untuk beli lagi ikan dan ada juga yang ternak sendiri. Jadi, ya, segitu sekitar sejuta lebih dalam sehari," ucapnya kepada harianmomentum.com, Selasa (27-10-2020). Namun, dia juga mengakui pada hari tertentu sepi pembeli, meski hasilnya tetap lumayan.

Mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung ini mengaku mengawali usahanya sekitar tiga bulan silam. Dengan modal Rp200 ribu untuk membeli ikan Cupang untuk dijual.

"Kan kuliah daring banyak waktu kosong. Terus liat kok banyak yang beli ikan Cupang, akhirnya beli juga terus dijual lagi. Lama-kelamaan laris," ujarnya.

Koko Gun menambahkan kalau yang beli itu bukan anak-anak lagi, tapi orang dinas dan kantoran. Pembeli suka yang jenis ikan Cupangnya berwarna dan buntutnya panjang.

"Banyak yang beli orang-orang dinas sekali beli banyak, saya jual satu ekor ikan dari harga seribu-dua ratus ribu, tergantung jenis," ungkapnya. 

Menurut dia, alasan orang beli ikan Cupang menghilangkan kebosanan di rumah karena pandemi Covid-19.  

"Kan pemerintah nyuruh di rumah aja tuh makanya mungkin beli buat hiburan, kan ikan Cupang lucu dan bagus, sama gak ribet perawatannya," tambahnya. 

Tak hanya menjual ikan Cupang. Dia juga menjual pakan ikan Cupang, akuarium, dan hiasannya. Dia mematok harga pakan Rp2 ribu, akuarium mulai Rp10 ribu, dan hiasannya sekitar Rp5 ribu.

Salah satu pembeli, Zami Akbar mengatakan membeli ikan Cupang buat hiburan anak-anaknya di rumah. "Biar gak mainlah, suka lihat Cupang. Sama narok di meja kantor buat hiasan bagus juga," katanya.

Laporan: Alfanny.

Editor: M Furqon.






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos