PGN Group Raih Empat Penghargaan BUMN Branding and Marketing Award 2020

img
Penyerahan penghargaan BUMN Branding and Marketing Award 2020

MOMENTUM, Bandarlampung-- Berkat pengembangan dan inovasi, PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) sebagai keluarga besar Holding Migas PT Pertamina (Persero) berhasil meraih empat kategori penghargaan pada BUMN Branding and Marketing Award 2020.

“Kami bangga dan bersyukur, melalui penghargaan ini PGN mampu membuktikan perannya sebagai Sub-Holding Gas di Indonesia. Setiap langkah menjalankan peran strategisnya, PGN melakukan berbagai pertimbangan seluruh aspek. Maka terobosan inovasi dan kreativitas juga sangat perlu dilakukan,” ujar Sekretaris Perusahaan PGN Rachmat Hutama melalui rilis yang diterima harianmomentum.com, Kamis (5-11-2020)

BUMN Branding and Marketing Award 2020 diselenggarakan oleh BUMN Track yang didukung oleh Arrbey Consulting dengan tema 'Optimizing Omni Channel on Branding and Marketing'.

Rachmat mengatakan, kegiatan yang sudah memasuki tahun ke-8 ini bertujuan memberikan apresiasi kepada BUMN yang berkinerja unggul mendayagunakan omni channel dengan mengoptimalkan branding dan marketing dalam rangka meningkatkan daya saing di pasar dalam negeri maupun global.

Jumlah peserta pada tahun ini ada 114 perusahaan dan Anak Perusahaan BUMN di Indonesia. Kemudian dikerucutkan menjadi 59 perusahaan, setelah melalui tahap seleksi kedua berupa wawancara dan presentasi di depan juri.

“Secara aktif, PGN melakukan komunikasi secara omnichannel terkait promosi dan pelayanan pelanggan melalui media massa, media sosial, media elektronik, e-commerce, contact center PGN, e-wallet, website www.pgn.co.id, aplikasi smartphone PGN Mobile, dan Sales and Costumer Management. PGN memiliki 18 Sales Area, aktif di pameran dagang, dan terbuka untuk bekerja sama dengan berbagai pihak lain dalam upaya meningkatkan pelayanan pelanggan,” jelas Rachmat.

Berdasarkan data kepuasan pelanggan PGN, lanjut Rachmat, gas bumi sebagai sumber energi terbukti dinilai lebih aman dengan harga yang kompetitif dan adanya jaminan ketersediaan aliran gas. Oleh karena itu, PGN akan terus berupaya untuk meningkatkan performa dan layanan gas bumi.

Direktur Komersial PGN Faris Aziz menambahkan, sebagai The Best CMO, dengan mendapatkan pernghargaan ini, dia menunjukkan kemampuan menerapkan mindset dan menggiring perusahaan menjadi perusahaan yang berkompeten.

“Kami juga berterima kasih kepada semua pihak yang telah bekerja keras sehingga dapat menyukseskan upaya PGN untuk berkomitmen menjalankan perannya sebagai Sub Holding Gas. Segala upaya yang dilakukan bukan semata-mata untuk mendapatkan apresiasi, tetapi memang wujud komitmen PGN untuk menopang ketahanan energi nasional,” ungkap Faris Aziz.

Faris menjelaskan, komitmen utama PGN sebagai Sub Holding Gas yaitu meningkatkan peran dalam pemanfaatan gas bumi melalui pembangunan dan perluasan infrastruktur. Selain itu, PGN mendukung perluasan pemanfaatan gas bumi dan mendorong efisiensi di berbagai sektor untuk mendorong pemerataan ekonomi.

Menurut Faris, PGN juga turut mendukung program pemerintah mengoptimalkan pemanfaatan gas bumi dalam upaya mengurangi ketergantungan terhadap energi impor.

Dalam hal ini, kata Faris, PGN tengah menjalankan penugasan dari pemerintah untuk membangun jaringan gas rumah tangga dengan dana APBN 2020 untuk 127.864 SR di 23 kabupaten/ kota. Progress realisasi aktual sampai Oktober 2020 telah mencapai 90 persen. Melalui jargas, sumber energi bersih, efisien, dan ramah lingkungan untuk kebutuhan sehari-hari dapat dirasakan masyarakat secara langsung.

Faris mengungkapkan, sebagai bagian dari Holding Migas PT Pertamina (Persero), PGN juga telah menjalankan implementasi Kepmen ESDM 89K 2020 terkait menyediaan gas bumi untuk 7 industri sektor tertentu dengan harga USD 6 per MMBTU.

Implementasi kebijakan ini menjadi wujud komitmen PGN untuk mendukung daya saing industri sehingga dapat mendorong perekonomian nasional. Terlebih, dimasa pemulihan ekonomi dimasa COVID-19 saat ini.

Upaya pemenuhan pasokan gas berbagai sumber dan dukungan infrastruktur yang dibangun, diharapkan juga bisa semakin menuntun PGN menjadi perusahaan energi kelas dunia yang mampu memenuhi kebutuhan energi yang efisien di semua sektor pasar.

“Infrastruktur gas bumi merupakan investasi jangka panjang dengan risiko pasokan dan pasar yang belum terjamin. Namun, risiko itu diambil PGN sebagai pionir pemanfaatan gas bumi untuk ketahanan energi nasional,” pungkas Faris.

PGN telah mengelola 96 persen infrastrktur gas bumi di Indonesia. Kini PGN telah memiliki 10.100 KM sambungan pipa dan mampu melayani lebih dari 422.000 pelanggan di semua sektor. Mulai dari kelistrikan, industri, komersial, UMKM, transportasi, dan rumah tangga.

Subholding Gas, PGN Group meraih 4 penghargaan di beberapa kategori yakni:

1. The Best CMO BUMN Branding and Marketing Award Creative Marketing Initiative, Faris Aziz, Direktur Komersial PGN.

2. Brand Communication Terbaik BUMN & Anak Perusahaan BUMN Tbk.

3. Creative Competition Strategy Terbaik Anak Perusahaan BUMN, PT PGAS Solution.

4. Innovative Marketing Terbaik Anak Perusahaan BUMN, PT Gagas Energi Indonesia. (*)

Laporan: rilis/Ira Widya
Editor: Agus Setyawan






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos