Tinjau Latihan Tempur, KASAD Disambut Pjs Bupati Waykanan

img
Pjs Bupati Waykanan Mulyadi Irsan menyambut jkedatangan KASAD Jenderal TNI Andika Perkasa

MOMENTUM, Waytuba--Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) Jenderal TNI Andika Perkasa mengunjungi Kabupaten Waykanan. Kedatangan KASAD bersama Kodiklat TNI AD Letnan Jenderal AM Putranto itu, disambut Penjabat sementara (Pjs) Bupati Waykanan Mulyadi Irsan di Lapangan Udara Angkatan Darat (Lanudad) Gatot Subroto, Kecamatan Waytuba, Kamis (26-11-2020).

Kunjungan KASAD ke Kabupaten Waykanan kali ini, untuk meninjau      Puncak Latihan Antar Kecabangan Kartika Yudha Brigif R-9/DY/2 KOSTRAD TA 2020. Latihan rutin tiap tahun itu berlangsung di Pusat Latihan Tempur (Puslatpur) Kodiklat Martapura, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Timur, Provinsi Sumatera Selatan.

Latihan antar cabang itu untuk meningkatkan profesionalisme tempur prajurit juga u membina dan meningkatkan interporabilitas Satuan Kecabangan TNI AD yang meliputi: sistem pertahanan dan serangan dalam rangka mendukung tugas pokok TNI menjaga kedaulatan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Latihan  juga dilaksanakan dengan berbagai maneuver, seperti: penembakan tank leopard, penembakan SMB, manuver ranpur, Kerjasama infateri tank, Tembakan helikopter AH-64 Apache dengan Roket Hellfire dan Hydra.

Untuk Heli tempur melaksanakan muatan tunggal heli, seperti kabel baja untuk mengangkut meriam 76mm, muatan caliber besar dan kecil, melaksanakan evakuasi udara serta pengejaran dengan mobilisasi udara.

Sebanyak 4.995 prajurit dilibatkan dalam Latihan Ancab Kartika Yudha Brigif R-9/DY/2 Kostrad tersebut. (**)

Laporan: Novita Sari

Editor: Munizar



Leave a Comment