Disdukcapik Tanggamus Gandeng Sekolah

img
Sekretaris Disdukcapil Kabupaten Tanggamus Darma Setiawan

MOMENTUM, Kotaagung--Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Tanggamus terus berupaya meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat. Terutama dalam proses pembuatan berbagai dokumen adminstrasi kependudukan, antara lain: Kartu Tanda Penduduk elektronik, Kartu Keluarga, dan Kartu Indentitas Anak (KIA).

Sekretaris Disdukcapil Tanggamus Darma Setiawan mengatakan, salah satu terobosan untuk mempermudah pembuatan KIA adalah melaluui kerja sama dengan pihak sekolah.

"Untuk mempermudah pembuatan KIA, kami bekerja sama dengan sekolah mulai dari jenjang PAUD hingga SMP," kata Darma Setiawan mewakili Kadisdukcapil Tanggamus Maradona pada Harianmomentum.com, Senin (14-12-2020).

Dia menerangkan, teknis pelaksanaan kerja sama itu: pelajar menyerahkan fotocopy kartu keluarga dan foto anak yang bersangkutan kepada pihak sekolah. Selanjutnya, pihak sekolah yang mengrimkan pengajuan pembuatan KIA itu melalui Satuan Pelaksana Layanan Pendidikan (SPLP) di tiap kecamatan untuk diteruskan kie Disdukcapil.

"Jadi sekarang pelajar yang ingunb membuat KIA, cukup menyerahkan fotocopu KK dan foto pribadi ke sekolah. Nanti dikirimkan ke SPLP untuk diteruskan ke Disdukcapil," terangnya.  

Selain lewat sekolah, Disdukcapil Tanggamus juga tetap melayani pembuatan KIA secara langsung. "Kalau ada orang tua yang ingin membuat KIA untuk anak-anaknya secara langsung ke Disdukcapil juga bisa. Syaratnya sama, fotocopy KK dan foto anak," ungkapnya.

Menurut dia, KIA sangat penting sebagai data indentitas anak. Fungsinya hampir sama dengan e-KPT bagi orang dewasa.

"Kita mengimbau masyarakat untuk memanfaatkan berbagai kemudahan layanan pembuatan dokumen adminduk yang diterapkan Disdukcapil Tanggamus. (**)

Laporan: Galih

Editor: Munizar






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos