Lestarikan Lingkungan, DLH Gaungkan Tanam Bambu

img
DLH Lampung saat meninjau PT Bukit Asam, kemarin

MOMENTUM, Bandarlampung--Dinas Lingkungan Hidup (DLH) menggaungkan penanaman bambu, baik di lingkungan perkantoran, kampus dan masyarakat.

Kepala DLH Provinsi Lampung Syahrudin Putera meyakini, bambu bisa melestarikan lingkungan yang sehat dan bernilai tinggi.

"Jadi pohon bambu ini banyak manfaatnya. Makanya nanti kita mau gaungkan untuk menanam pohon bambu," kata Syahrudin usai acara Bulan Bakti Saka dalam Rangka Hari Ulang Tahun Saka Kalpataru bersama PT Bukit Asam unit Pelabuhan Tarahan, Rabu (30-12-2020).

Dia menjelaskan, fungsi bambu untuk menetralisir pencemaran tanah, udara, dan air. Bahkan, bambu juga bisa dimanfaatkan untuk berbagai kerajinan.

"Kalau dulu kita hanya tahu bambu ini hanya untuk biasa-biasa saja. Tapi ternyata manfaatnya itu sangat luar biasa untuk lingkungan kita," sebutnya.

Dia menuturkan, PT BA merupakan satu-satunya perusahaan di Lampung yang melestarikan tanaman bambu di lingkungannya.

Sehingga, PT BA mendapat sertifikat Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan Dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup (Proper) predikat emas.

"Jadi di sana sudah ada 46 jenis pohon bambu yang ditanam di lingkungannya. Kan di sana tempat pembakaran batu bara, tapi suhunya sejuk. Waktu pas dicek, suhunya 26 derajad celcius," terangnya. (**)

Laporan/Editor: Agung DW






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos