Lampung Siap Jadi "Bumi Agribisnis"

img
Pembukaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Pertanian (Musrenbangtan) Sub Sektor Tanaman Pangan dan Holtikultura Provinsi Lampung 2017. Foto: dok-H Momen

Harianmomentum--Pemerintah Provinsi Lampung menyatakan kesiapan untuk menjadi lumbung pangan dan bumi agribisnis.

 

Hal tersebut dikatakan oleh Asisten Bidang Administrasi Umum Hamartoni Ahadist saat membacakan sambutan tertulis Gubernur Lampung M Ridho Ficardo pada pembukaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Pertanian (Musrenbangtan) Sub Sektor Tanaman Pangan dan Holtikultura 2017 yang dilaksanakan di Hotel Horison Lampung, Rabu (22/3).

 

Menurut dia, pertumbuhan ekonomi di Provinsi Lampung berada di atas pertumbuhan perekonomian nasional pada 2016 sebesar 5,15 persen dan tertinggi se Sumatera periode 2004--2016.

 

Musrenbangtan ini merupakan langkah awal dari perencanaan pembangunan tanaman pangan dan hortikultura Provinsi Lampung 2018. 

 

“Dalam kegiatan ini akan dirumuskan hal-hal yang menyangkut langkah dan upaya dalam mewujudkan Lampung sebagai salah satu lumbung pangan dan bumi agribisnis,” ujar Hamartoni.

 

Ia menjelaskan, bahwa keberhasilan pembangunan tanaman pangan dan hortikultura akan berdampak langsung terhadap perekonomian sebagian besar masyarakat Lampung. 

Bila dilihat dari indikator tingkat pendapatan melalui Nilai Tukar Petani (NTP), pembangunan sektor pertanian Provinsi Lampung Febuari 2017, menunjukkan kinerja yang cukup baik, yaitu sebesar 104,19 persen tertinggi di Sumatera dan di atas NTP nasional, yaitu 100,3 persen.

 

Asisten Bidang Administrasi Umum  itu menerangkan, bahwa Lampung terus berupaya untuk terus mendorong peningkatan produksi, mutu dan daya saing produk pertanian tanaman pangan dan hortikultura. 

 

"Dalam RPJM Tahun 2005--2025 telah diamanatkan bahwa kita harus mewujudkan kemandirian produksi pangan," kata dia.

 

Sebagaimana diketahui, masih menurutnya, sumbangan sektor pertanian terhadap PDRB Lampung 2016 berdasarkan BPS adalah sebesar 31,45 persen. Selain itu, sektor pertanian masih merupakan lapangan pekerjaan utama bagi sebagian besar penduduk Lampung, yaitu 48,8 persen dari total penduduk Provinsi Lampung sebesar 8.177.191 Jiwa. 

 

Dengan demikian, ia menambahkan, membangun dan mengembangkan pertanian tanaman pangan dan holtikultura merupakan prioritas bagi Provinsi Lampung.

 

Karo Humas dan Protokol Bayana menyebutkan, acara juga dihadiri oleh Karo Perencanaan Kementerian Pertanian RI, SKPD Provinsi Lampung, katua KTNA, dan Dekan Fakultas Pertanian Universitas Lampung. (rls)






Editor: Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos