Instansi Pengembangan SDM, Disdikbud Raih Anugerah Tjindarboemi 2021

img
Gubernur Arinal Djunaidi didampingi Ketua PWI Lampung Supriyadi Alfian menyerahkan Anugerah Tjindarboemi.

MOMENTUM, Bandarlampung--Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Lampung meraih Anugerah Tjindarboemi sebagai Instansi Pengembangan Karakter SDM (sumber daya manusia).

Anugerah itu diserahkan Gubernur Arinal Djunaidi didampingi Ketua PWI Lampung Supriyadi Alfian saat puncak peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2021 di Balai Wartawan Hi Solfian Ahmad, Selasa (9-2-2021).

Dibawah kepemimpinan Sulpakar sebagai kepala dinas, Disdikbud merealisasikan arahan Gubernur Arinal Djunaidi agar terus berinovasi dalam pengembangan karakter SDM.

Salah satu inovasi yang kini menjadi rujukan nasional adalah Pendidikan Anti Korupsi. Program itu awalnya direkomendasikan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), berupa insersi yang disisipkan pada sejumlah mata pelajaran.

Tetapi Disdikbud menginovasikannya menjadi salah satu mata pelajaran wajib dan segera diterapkan pada Semester Genap Tahun 2021.

Program itu pun menjadi menjadi satu-satunya di Indonesia sehingga kini telah menjadi rujukan nasional. Bahkan, beberapa provinsi telah melakukan studi banding untuk mengadopsi program tersebut.

Inovasi lainnya, Disdikbud Lampung juga telah menggagas Mata Pelajaran Aksara Lampung. Perlu diketahui, bahwa di Indonesia tidak lebih dari lima provinsi yang memiliki mata pelajaran muatan lokal seperti itu.

Disdikbud Lampung juga sudah menggagas Lampung Mengaji dan telah diterapkan pada seluruh jenjang sekolah. Lima belas menit sebelum kebiatan belarjar mengajar (KBM) berlangsung, seluruh siswa diwajibkan mengaji. (**)

Laporan/Editor: Agung DW






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos