Jelang UTBK- SBMPTN, Itera Siapkan Ratusan Komputer

img
UTBK di Kampus Itera. Foto: dok Itera

MOMENTUM, Bandarlampung--Sebanyak 2.869 pendaftar Ujian Tulis Berbasis Komputer dalam Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK- SBMPTN), akan mengikuti ujian di Pusat UTBK Kampus Institut Teknologi Sumatera (Itera).

Dari jumlah tersebut, sebanyak 1.985 peserta mengikuti ujian Saintek, 642 peserta Soshum, dan 242 peserta ujian campuran.

UTBK-SBMPTN di Itera akan dilaksanakan pada 12 – 14 April 2021. Penyelenggaraan UTBK di Itera secara keseluruhan terdiri dari lima sesi dengan pembagian dua sesi per hari. Satu sesi ujian akan diikuti oleh 730 peserta.

Koordinator Pelaksana UTBK Itera, Alviyanda menyampaikan, pihaknya telah menyiapkan sebanyak 730 komputer dengan spesifikasi sesuai yang ditetapkan panitia pusat.

Selain itu, Itera juga akan menerapkan protokol kesehatan pencegahan covid-19 secara ketat selama pelaksanaan ujian.

“Kami sudah berkoordinasi dengan Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Provinsi Lampung dan sudah memperoleh izin,” ucapnya, dilansir dari situs resmi Itera.

Menurut dia, pelaksanaan UTBK di Itera mengikuti arahan yang diberikan oleh Satgas Provinsi dalam penerapan protokol kesehatan seperti mewajibkan untuk peserta dari luar Lampung membawa hasil rapid test antigen.

“Kami juga telah menyiapkan sarana cuci tangan, handsanitizer di setiap ruangan dan penggunaan faceshield. Kami juga telah berkoordinasi dengan dinas kesehatan Kabupaten Lamsel terkait kebutuhan tenaga kesehatan saat kegiatan nanti,” jelas Alviyanda.

Selain itu, Itera sudah melakukan beberapa persiapan sepertinya penyediaan sarana untuk penerapan protokol kesehatan, mulai dari tempat cuci tangan di setiap gedung pelaksanaan ujian, sterilisasi ruangan menjelang pelaksanaan UTBK, dan akan ada petugas khusus untuk memastikan diterapkannya protokol kesehatan saat pelaksanaan UTBK.

UTBK di Itera akan dilaksanakan di empat gedung yaitu Gedung Laboratorium Teknik 1, 2 dan 3 serta Gedung Kuliah Umum I.

Alviyanda menambahkan, bagi siswa yang ingin mengetahui jadwal dan lokasi ujian dapat mengecek langsung di kartu ujian yang dapat diunduh dari situs pendaftaran UTBK (LTMPT).

Sedangkan untuk melihat nomor kursi atau gedung, Itera menyediakan layout ruang ujian lengkap dengan kursi dan gedung di website PMB ITERA yang dapat diakses oleh  seluruh peserta UTBK.

“Itera juga menyiapkan petugas yang membantu mengarahkan peserta dalam menemukan lokasi ruang atau nomor kursi sebelum ujian dimulai,” jelas Alviyanda.

Bagi peserta yang akan mengikuti UTBK di kampus Itera juga diberikan kesempatan untuk melihat atau mengecek lokasi ujian pada H-1 sebelum ujian berlangsung, yaitu pada Minggu 11 April 2021 pukul 09.00 – 16.00 WIB.

Itera akan menyediakan petugas yang akan membantu mengarahkan peserta agar tidak menimbulkan kerumunan.(**)

Laporan/Editor: Agung Chandra Widi






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos