Jadwal Penerbangan Meningkat, Bandara Radin Inten II Perketat Prokes

img
Suasana hilir-mudik calon penumpang di Bandara Radin Inten II Lampung./ist

MOMENTUM, Bandarlampung--Pasca berakhirnya larangan mudik-balik Lebaran 2021, Bandar Udara (Bandara) Radin Inten II Lampung memperketat penerapan protokol kesehatan (Prokes).

Hal itu lantaran mulai adanya peningkatan frekuensi penerbangan di Bandara Radin Inten II Lampung, Selasa (18-5). 

"Sesuai prediksi kami kemarin (Senin, 17-5), hari ini ada peningkatan frekuensi penerbangan pasca selesainya periode larangan mudik Lebaran pada 6-17 Mei," ujar Executive General Manager (EGM) Bandara Radin Inten II Lampung M Hendra Irawan.

Hendra menegaskan, meski ada peningkatan jumlah penumpang serta frekuensi penerbangan, penerapan prokes secara ketat tetap dilakukan.

"Tentu tetap kami jaga untuk prokes ini dilakukan, untuk mencegah adanya penyebaran kasus covid-19 di lingkungan bandara," kata dia.

Penerapan prokes terlihat tetap dilakukan, kata Hendra, selain membatasi jumlah penumpang pesawat sesuai peraturan Kementerian Perhubungan, juga dilakukan pemeriksaan surat bebas COVID-19 oleh petugas di pintu masuk keberangkatan.

Hendra menambahkan, tercatat pada hari ini frekuensi penerbangan mencapai 20 pesawat, dan diperkirakan akan mencapai puncak pada Rabu (19-5) esok hari.

"Saat larangan mudik kemarin hanya ada 1-2 pesawat, sedangkan saat hari normal sekitar 16 pergerakan pesawat, dan perkiraan besok akan mencapai puncak," tuturnya.

Adapun rincian dari 20 penerbangan dimaksud yakni ada 2 pesawat yang berasal dari maskapai Garuda Indonesia, lalu ada 8 pesawat masing-masing dari maskapai Lion Air dan Batik Air, serta 2 pesawat milik maskapai Citilink.

"20 pesawat tersebut kebanyakan menuju ke Bandara Soekarno-Hatta, dan Halim Perdanakusuma, untuk kapasitas masih sesuai dengan aturan yang ada," tegasnya.

Hendra melanjutkan, pada hari pertama operasional secara normal setelah pelaksanaan larangan mudik, diprediksi penumpang mencapai 2.600 orang.

"Perkiraan penumpang yang datang atau pun berangkat dapat mencapai 2.600 orang, yang berangkat diperkirakan sekitar 1.400-1.600 orang," ungkapnya.

Sejak pagi hari suasana Bandara Radin Inten II Lampung sudah mulai ramai didatangi oleh masyarakat pengguna transportasi udara yang hendak melakukan perjalanan.(**)

Laporan: Ira Widya

Editor: Agus Setyawan






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos