Warga Hibah Lahan untuk Bangun Puskesmas Rawat Inap di Pulau Tabuhan

img
Wakil Bupati Tanggamus AM Syafi'i di Pulau Tabuhan.

MOMENTUM, Cukuhbalak--Pemkab Tanggamus menerima lahan hibah dari masyarakat untuk meningkatkan pelayanan kesehatan di Pekon Sukabanjar, Kecamatan Cukuhbalak.

"Insyallah, setelah proses hibah ini selesai, kami akan tingkatkan pustu (puskesmas pembantu) pada saatnya menjadi puskesmas rawat inap," kata Wakil Bupati Tanggamus AM Syafi'i saat berkunjung ke Pulau Tabuhan, Sukabanjar, Selasa 25 Mei 2021.

Menurut dia, pemkab berkomitmen untuk mewujudkan pelayanan kesehatan yang lebih dekat dengan masyarakat. Secara bertahap proses itu akan segera dilaksanakan setelah menerima hibah lahan dari masyarakat.

Selain itu, pemkab juga sudah menyiapkan beasiswa untuk tiga anak yang mengambil program studi poltekkes. "Nantinya mereka akan kembali ke Pulau Tabuan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat," terangnya.

Dalam kunjungan yang diikuti Ketua TP PKK Tanggamus Sri Nilawati Syafi'i, tersebut wabup meninjau pembuatan administrasi kependudukan serta menjelaskan tentang dana desa (DD) kepada kepala pekon dan aparatur pemerintah setempat.

Hadirnya perekaman adminduk ke Pulau Tabuan, bertujuan mempermudah masyarakat untuk memperoleh adminduk baik E-KTP, kartu keluarga, akte kelahiran, serta kartu identitas anak (KIA). "Jika memang diperlukan, waktunya bisa diperpanjang. Agar seluruh warga memiliki adminduk," katanya.

Sementara terkait dengan pengelolaan dana desa, Wabup menjelaskan pemerintah pusat merealisasikan DD untuk memberikan kebaikan bagi masyarakat. Jangan justru DD tersebut menjadi musibah lantaran penggunaan yang kurang tepat sasaran serta persoalan lainnya. 

Pengelolaan dana desa agar dikoordinasikan dengan aparat yang ada di pekon dan instansi terkait di pemkab.  Sehingga diharapkan tidak ada oknum yang menyalahgunakan dana desa.

Pada kunjungan itu, wabup bersama rombongan mengunjungi  Pekon Sukabanjar, Karangbuah, Kutakhang, Sawangbalak dan sekolahan SD dan SMP yang ada di Pulau Tabuan. 

Turut serta dalam kegiatan tersebut, Kapolsek Cukuhbalak Ipda Eko Sujarwo, Danramil, Kapten CKU Umar Saleh Barakbah, Sekretaris Inspektorat Gustam Apriyansah, Kabid Pembangunan dan Kelembagaan Pekon Syarifuddin, Kabid SDK Dinas Kesehatan Nasrulloh serta Kasi Pendaftaran Penduduk Disdukcapil Margiyanto. (*)

Laporan: Galih/Ijal

Editor: M Furqon.






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos