Dana Desa untuk Perbaiki Jalan Penghubung Dua Kabupaten

img
Perbaikan jalan yang menghubungkan wilayah Kabupaten Tulangbawang Barat dan Lampung Utara.

MOMENTUM, Tulangbawang Udik - Pemerintah Desa Gunungkatun Tanjungan, Tulangbawang Udik, Kabupaten Tulangbawang Barat mengalokasikan anggaran desa Rp251 juntuk memperbaiki jalan.

Jalan selebar enam meter dengan panjang sekitar seribu meter itu menghubungkan wilayah Tulangbawang Barat dengan Desa Karangsari, Kabupaten Lampung Utara.

"Penimbunan jalan tersebut menggunakan anggaran dari pusat atau dana desa (DD) tahun 2021 tahap kedua sebesar Rp251 juta," kata Kepala Tiyuh Gunungkatun Tanjungan Laili kepada harianmomentum.com, Kamis (24/6/2021).

Menurut dia, pembangunan jalan itu mendesak dilakukan. Alasannya, di wilayah itu banyak potensi ekonomi, khususnya sektor pertanian.

Selain itu, juga satu-satunya akses yang menghubungkan Gunungkatung dengan kabupaten tetangga, Lampung Utara.

"Di seberang sungai sana, tempat matapencaharian sekitar 80 persen warga kami, mulai dari perkebunan karet, menanam singkong hingga menanam padi," terangnya.

Laili menjelaskan, jalan yang lebarnya enam meter itu jika tidak ditingkatkan penimbunannya setiap musim hutan jalan itu tergenang air.

"Pada saat banjir setiap musim hujan jalan ini sebagian hilang terputus karena air sehingga warga kita tidak bisa beraktivitas maksimal seperti biasanya," bebernya.

Dia berharap pembangunan jalan itu bisa selesai tepat waktu sehingga memberikan manfaat kepada warga di kedua wilayah kabupaten. (*)

Laporan: Solihin

Editor: M Furqon.







Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos