Dongkrak Penerimaan Pajak, Bapenda Siapkan Sistem e-Samdes

img
Kepala Bapenda Lampung Adi Erlansyah.

MOMENTUM, Bandarlampung--Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Lampung terus berupaya mendongkrak pendapatan asli daerah (PAD) setempat.

Kepala Bapenda Lampung Adi Erlansyah mengatakan, salah satu upaya untuk mendongkrak PAD yakni dengan sistem e-Samdes.

"Itu yang kita harapkan untuk mendongkrak penerimaan pajak kendaraan bermotor. Tidak hahya tahun ini tapi tahun mendatang juga," kata Adi, Senin (2-8-2021).

Dia pun menargetkan akhir Agustus mendatang sistem e-Samdes sudah bisa digunakan untuk pembayaran pajak kendaraan bermotor melalui BUMDes.

"Target kami di akhir Agustus sudah bisa jalan walaupun belum semua BUMDes menjadi peserta. Tapi nanti bagi yang siap akan kita mulai," terangnya.

Terlebih, menurut dia, masih banyak kendaraan di daerah-daerah yang tidak membayar pajak. Khususnya di daerah terpencil.

"Karena data nya banyak dan banyak kendaraan di desa terpencil yang tidak bayar pajak sehingga kita libatkan aparat desa dan babinkamtibmas supaya lebih murah efektif," sebutnya.

Meski demikian, dia menyebjtkan, saat ini mssih berkoordinasi dengan Bank Lampung, Polda dan Dinas PMDT selaku koordinator.

"Nanti kita uji coba dan paparan dulu. Dari Polri nanti direncakan akan launching. Nanti akan dilibatkan Babinkantibmas atau unsur yang lain juga," seburnya. (**)

Laporan/Editor: Agung DW






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos