Begini Kata Gubernur Soal Pembentukan Lima BUMD

img
Gubernur Arinal Djunaidi.

MOMENTUM, Bandarlampung--Gubernur Arinal Djunaidi menyebutkan potensi investasi di Lampung cukup menjanjikan dan diminati investor.

Karena itu, diperlukan BUMD untuk mengelola potensi bisnis yang ada di berbagai sektor. Antara lain pertanian dan pariwisata.

"Investasi di Lampung sangat disukai, karena itu kita berikan bisnis pada lembaganya yaitu BUMD," kata gubernur, Rabu (1-9-2021).

Meski demikian, Arinal menyebutkan, satu BUMD tidak akan efektif mengelola potensi bisnis seluruh sektor. 

Arinal menilai, akan lebih efektif jika satu BUMD mengelola satu sektor. "BUMD tidak boleh semua, tapi konsentrasi di satu bidang seperti pariwisata " ujarnya.

Selain itu, gubernur menyebutkan, rencana pembentukan lima BUMD baru itu dikarenakan BUMD yang telah ada belum maksimal meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD). 

Arinal juga mengatakan, rencana pendirian lima BUMD tersebut sudah melalui kajian kebutuhan daerah dan kelayakan usaha, serta telah mendapat persetujuan dari Kementerian Dalam Negeri. 

"Ini untuk menopang pembangunan ekonomi daerah yang meliputi bidang pertanian, bidang pariwisata dan ekonomi kreatif, bidang perhubungan dan transportasi, bidang infrastuktur dan bidang energi," jelasnya.

Arinal menjelaskan, masing-masing BUMD tersebut akan fokus dalam menjalankan bidang usahanya sehingga dapat berkembang dengan baik. 

"Karena setiap badan usaha harus memiliki kekhususan dalam mengelola bidang bisnisnya," tuturnya.

Gubernur berharap, agar DPRD menyetujui pendirian BUMD itu dan untuk para BUMD yang ada untuk bekerja seprofesional mungkin dalam meningkatkan PAD. (**)

Laporan/Editor: Agung DW






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos