Peringati HUT ke 72, PT KAI Divre IV Tanjungkarang Gelar Donor Darah

img
Sejumlah pegawai PT KAI Divre IV Tanjungkarang ikut kegiatan donor darah di kantor setempat.Foto:Enday Hidayat

Harianmomentum--Memperingati hari ulang tahun (HUT) ke 72, Perusahaan (PT) Kereta Api Indonesia (KAI) Divisi Regional (Divre) IV Tanjungkarang menggelar donor darah dan jalan sehat.

 

"Kegiatan itu sudah kita laksanakan, Rabu (27/9) kemarin, hari ini secara serentak kita gelar upacara se Indonesia," kata Manajer Humas PT KAI Divre Tanjungkarang Franoto Wibowo, di Bandarlampung, Kamis (28/9).

 

Menurut dia, kegiatan itu dilakukan rutin setiap tahunnya. "Donor darah juga kita lakukan sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama di Provinsi Lampung," kata Franoto.

 

Ia melanjutkan, kegiatan ini memaknai kereta api (KA) sudah berdiri selama 72 tahun, juga mewakili negara dalam melayani masyarakat Indonesia kemudian angkutan barang dan bisnis-bisnis lainnya.

 

"Jadi kontribusinya cukup jelas buat daerah dan negara" terangnya. Ia menjelaskan, tahun ini akan ada penambahan enam hingga sembilan gerbong kereta," ujarnya.

 

Saat ini, ia mengatakan, kereta buatan INKAI itu masih di Pulau Jawa, kalau tidak salah Oktober-November sudah ada di Lampung. "Yang pasti tahun ini datangnya," kata dia.

 

Dengan adanya penambahan KA penumpang itu, ia mengharapkan dapat menunjang kelancaran transportasi massal di daerah setempat.

 

"Kereta kan aman, nyaman dan bebas macet, dengan adanya peningkatan penumpang 5 sampai 10 persen setiap tahunnya, maka kita juga menambah 6 sampai 9 gerbong kereta guna memenuhi kebutuhan tersebut," jelasnya.

 

Selain KA penumpang, ada juga KA babaranjang dengan fasilitas 60 gerbong pengangkut batu bara.

 

"Coba kalau gak ada kereta api semuanya pakai jalan raya, mungkin akan ada lima ribu lebih truk yang beroperasi," jelasnya.

 

Ke depan, ia berharap, masyarakat dapat lebih memaksimalkan keberadaan jasa transportasi massal, sehingga dapat meminimalisasi kemacetan di wilayah setempat.(day)






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos