Kemenag Sudah Siapkan Jadwal Haji dan Umrah Tahun Depan

img
Kegiatan bincang santai bertajuk Jamarah ayang diselenggarakan Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampung, di Kecamatan Wayjepara, Kabupaten Lampung Timur

MOMENTUM, Wayjepara--Kementerian Agama telah menyiapkan jadwal program pemberangakatan ibadaj haji dan umrah untuk tahun depan.

Hal tersebut terungkap dalam acara bincang santai bertajuk Jamarah alias Jagong Masalah Umrah dan Haji. Kegiatan yang diselenggarakan Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampung itu, berlangsung di Kecamatan Wayjepara, Kabupaten Lampung Timur, Jumat (17-9-2021).

"Pak menteri, sudah mulai menyusul jadwal pelaksanaan haji dan umrah untuk tahun 2022  dan pemerintah akan terus mengupdate data tentang haji dan umrah tahun ini," kata Kepala Subdirektorat Katering Haji dan  Pelayanan Haji Luar Negeri, Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama Ahmad Abdullah saat menjadi pembicara dalam bincang santai tersebut.

Dia menyebut, pandemi covid-19 yang hampir dua tahun melanda telah menyebankan lumpuhnya semua sektor , termasuk ibadah haji dan umrah di Indonesia.

"Sudah dua tahun tidak ada haji akibat pandemi covid-19. Jadi daftar tunggu di Indonesia bagi para jemaah calon haji akan semakin panjang," ungkapnya.

Hal senada juga disampaikan Anggota Komisi VIII DPR-RI I Komang Koheri yang juga menjadi pembicara via Zoom pada acara tersebut.

Komang mengatakan pera dan fungsi, Komisi VIII DPR-RI berperan sebagai pengawasan pembangunan bidang keagamaan dan sosial.

"Penyelenggaraan ibadah haji salah satu menjadi hal yang harus diawasi oleh komisi VIII, termasuk pemondokan, katering dan segala keperluan jemaah," ujarnya.

Terkait peran tersebut, Komisi VIII DPR-RI sudah menyampaikan beberapa usulan terkait  penyelenggaraan ibadah haji dan umrah.

"Beberap usulan sudah kita sampaikan ke pemerinth untuk efektifitas pelaksanaan ibadah haji dan umrah. Semoga pandemi cepat berakhir, dan ibadah haji dan umrah bisa kembali terlaksana," harapnya. (**)

Laporan: Arif Fahrudin

Editor: Munizar






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos