Pemkab Pesawaran Bagikan 200 Bibit Kakao

img
Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona, Anggota DPRD RI Sudin, dan sejumlah petani penerima bantuan bibit kakao.

MOMENTUM, Gedongtataan--Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pesawaran mengembangkan tanaman kakao sebagai komoditas ungggulan sektor pertanian.

Salah satu upaya yang dilakukan Pemkab Pesawaran, berkerjasama dengan anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia, Sudin, membagikan 200 ribu batang bibit kakao kepada para petani. 

Secara simbolis, bantuan bibit kakao diserahkan kepada petani di Desa Negerisakti, Kecamatan Gedongtataan, Sabtu (18-9-2021).

"Bibit kakao ini harus dirawat dengan baik, guna meningkatkan kesejahteraan petani kakao di Kabupaten Pesawaran," kata Sudin.

Selain memberikan bibit kakao, pihaknya juga menyerahkan sebanyak 20 unit alat pengering biji kakao untuk anggota kelompok tani. Serta akan mengusulkan dana penyuluhan bagi kelompok tani yang menanam kakao kepada Kementerian Pertanian.

Sementara, Bupati Pesawaran, Dendi Ramadhona menyebut pengembangan pertanian kakao menjadi langkah strategis guna meningkatkan pendapatan daerah serta kesejahteraan petani.

"Kita ketahui bersama bahwa pertanian adalah sektor unggulan yang tetap stabil di tengah pandemi, karenanya pengembangan tanaman kakao menjadi langkah yang tepat untuk membangun ketahanan ekonomi serta kesejahteraan masyarakat petani," ungkap Dendi.

Dendi menuturkan, pemkab setempat telah menyiapkan lahan seluas dua hektare untuk budidaya bibit kakao berlokasi di Kecamatan Waykhilau.

"Kita sudah siapkan lahan seluas dua hektare yang rencananya untuk pembibitan kakao, sehingga nantinya kita tidak perlu lagi membeli bibit dari luar Pesawaran," tuturnya.

Laporan: Rifat Arif

Editor: M Furqon






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos