Raih Penghargaan Dua Kategori, Lampung Juara Umum TTGN

img
Piagam penghargaan dari Kemendes PDTT

MOMENTUM, Bandarlampung--Provinsi Lampung menjadi Juara Umum Teknologi Tepat Guna Nasional (TTGN) XXII Tahun 2021. 

Penghargaan tersebut diserahkan langsung Menteri Desa, PDT dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar kepada Gubernur Lampung Arinal Djunaidi pada acara puncak Gelar TTGN XXII 2021 di Jakarta, Senin (20-9-2021).

Selain juara umum, Lampung juga meraih penghargaan untuk dua kategori dalam Lomba Inovasi Bidang Pertanian Tanaman Padi.

Yaitu Peringkat Pertama untuk Kategori Inovasi Teknologi Tepat Guna yang diraih Santoso dari Desa Sadar Sriwijaya Kecamatan Bandar Sribhawono Lampung Timur dengan inovasi Sistem Pengolah Diversifikasi Produk Berbasis Maggot.

Kemudian, Peringkat Ketiga dalam Kategori Teknologi Unggulan yang diraih Nurhadi dari Desa Batanghari Kecamatan Rawapitu Tulangbawang berupa Mesin Pengolah Serba Guna.

Dalam sambutannya, Abdul Halim Iskandar menjelaskan, pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat membutuhkan fokus serta penanganan lengkap dan terintegrasi berdasarkan kebutuhan warga berbasis data mikro.

"Ini selalu saya tegaskan dimana-mana, karena penyelesaian masalah yang paling mudah adalah pemetaan pada basis mikro. Kalau kita tau data secara mikro, masalah secara mikro, maka penanganannya juga pasti lebih sederhana daripada datanya makro," jelasnya.

Karena itu, Kemendes PDTT sejak tahun 2021 menggunakan SDGs Desa sebagai upaya terpadu percepatan pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan seperti diatur dalam peraturan Presiden Nomor 59 Tahun 2017 tentang pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan. (**)

Laporan/Editor: Agung DW






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos