Pemprov dan 14 Kabupaten/Kota se-Lampung Dapat Anugerah Parahita Ekapraya 2021

img
Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Fahrizal Dariminto pada penyerahan APE 2021.

MOMENTUM, Bandarlampung--Pemerintah Provinsi Lampung dan 14 kabupaten/kota se-Lampung memperoleh Anugerah Parahita Ekapraya 2021 dari Kementeriaan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

Penghargaan tersebut merupakan bentuk pengakuan atas komitmen dan peran para pemimpin kementerian/lembaga dan pemerintah daerah dalam upaya mewujudkan kesetaraan gender dalam pelaksanaan strategi pengarusutaamaan gender (PUG). 

Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Fahrizal Dariminto menyerahkan APE Tahun 2021 kepada Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PP & PA) se-Provinsi Lampung di Ruang Sakai Sambayan, Komplek Perkantoran Gubernur Lampung, Jumat (24-9-2021).

Pemberian penghargaan tersebut berdasarkan surat Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI Nomor 72/Men/D.KG/KG.05/9/2021 tanggal 21 September 2021.

Namun, acara puncak Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Tahun 2021 akan dilaksanakan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI pada 13 Oktopber 2021 secara daring. 

Dalam sambutannya, Fahrizal menyampaikan terima kasih dan selamat kepada 14 kabupaten/kota yang telah mendapatkan penghargaan, kecuali Kabupaten Tulangbawang Barat. "Ini sangat baik, meningkat drastis. Dari enam kabupaten/kota yang mendapatkan APE pada tahun 2018 menjadi 14 kabupaten/kota pada 2021," ucapnya.

Peningkatan itu merupakan bukti para bupati dan walkoya memiliki komitman melaksanakan PUG di daerah. Meskipun masih banyak permasalahan yang harus diselesaikan dalam pembangunan pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak.

Sejalan dengan hal tersebut, menurut Fahrizal, Gubernur dan Wakil Gubernur Lampung telah menempatkan isu pemberdayaan perempuan menjadi salah satu isu sentral dalam visi dan misi nya pada periode 2019 — 2024. Yakni, berkomitmen melaksanakan strategi mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender antara perempuan dan laki-laki didalam pembangunan, serta untuk meningkatkan kualitas sumber daya menusia melalui upaya perlindungan anak, pemberdayaan perempuan dan kaum difabel.

Oleh karena itu, pemprov dari tahun ke tahun terus membenahi dan melaksanakan kebijakan pemerintah pusat sampai ketingkat kabupaten/kota, kecamatan bahkan sampai ketingkat desa dengan mewujudkan komitmen pelaksanaan pengarusutamaan gender tersebut. 

Berikut adalah daftar penerima penghargaan APE 2021 :

APE Kategori Utama 

Pemerintah Provinsi Lampung.

APE Kategori Madya : 

1. Kabupaten Lampung Selatan

2. Kabupaten Lampung Tengah

3. Kabupaten Lampung Timur

4. Kota Bandar lampung

5. Kota Metro 

APE Kategori Pratama:

1. Kabupaten Tulang Bawang

2. Kabupaten Way Kanan 

3. Kabupaten Pringsewu

4. Kabupaten Tanggamus 

5. Kabupaten Pesawaran 

6. Kabupaten Lampung Barat

7. Kabupaten Mesuji 

8. Kabupaten Lampung Utara

9. Kabupaten Pesisir Barat. (*)

Editor: Nurjanah/Rls.






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos