Capaian Rendah, Kepala Tiyuh Diminta Persuasif Ajak Warga Vaksinasi

img
Wakil Bupati Tulangbawang Barat Fauzi Hasan dalam pertemuan dengan camat dan kepala tiyuh.

MOMENTUM, Panaragan--Wakil Bupati Tulangbawang Barat atau Tubaba Fauzi Hasan meminta kepala tiyuh/desa melakukan pendekatan persuasif kepada masyarakat untuk divaksin Covid-19.

Hal itu disampaikan Fauzi saat menghadiri pengarahan pertemuan yang dihadiri seluruh camat dan kepala tiyuh se-Tubaba.

Dia menjelaskan, Tubaba saat ini berada zona kuning penyebaran Covid-19 atau level dua. Namun, capaian vaksinasi Covid-19 masih rendah dari lima belas kabupaten/kota di Lampung.

"Pertemuan ini membahas bagaimana percepatan vaksinasi supaya mencapai 100 persen. Sasarannya, 210.000.123 kepla keluarga. Sekarang baru 40.000 179 atau 19 persen," katanya, Selasa (28-9-2021).

Fausi mengapresiasi TNI-Polri yang sudah bekerja keras bersama pemerintah daerah dalam menangani pandemi Covid-19, termasuk vaksinasi.

Menurutnya, ada dua permasalahan di pelaksanaan vaksin yaitu eksternal dan internal. Eksternalnya yaitu datangnya vaksin yang  tidak pasti, baik waktu dan jumlahnya. Kemudian internal adalah masalah data yang kurang jelas.

"Kita belum punya data di tiyuh, misalnya jumlah penduduknya yang wajib vaksin berapa yang sudah dan berapa yang belum. Kemudian cara pelaksanaan yang kita letakkan di tempat-tempat tertentu atau yang luas itu dari mana saja boleh," sebutnya.

Maka dari itu berharap kerja samanya aparatur tiyuh harus membuat pola pendekatan yang baik terhadap masyarakat agar untuk pencapaian percepatan vaksinasai hingga seratus persen.

"Nanti akan dijadwalkan kapan di tiap-tiap tiyuh perlu ada prakondisi kesiapan situasi sebelum melaksanakan. Kita berdiskusi hari ini di mana bagusnya kita semakin perlu pendekatan dalam sosialisasikan gunanya vaksinasi," katanya.






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos