Pemkab Tubaba Dapat Bantuan Ambulas dari Kemenkes

img
Ahmad Jauhari, Kabid Bina Program dan Pembiayaan Kesehatan Dinas Kesehatan Tulangbawang Barat.

MOMENTUM, Panaragan--Pemerintah Kabupaten Tulangbawang Barat akan mendapatkan bantuan satu unit mobil ambulans pada 2022 dari pemerintah pusat.

"Bantuan satu unit mobil ambulans dari Kementerian Kesehatan itu rencananya ditempatkan di puskesmas rawat inap Mercubuana, Kecamatan Waykenanga, Tubaba," ungkap Ahmad Jauhari, Kabid Bina Program dan Pembiayaan Kesehatan, yang mendampingi Kadis Kesehatan Majril, Rabu (24-11-2021).

Jauhari menjelaskan, bantuan satu unit mobil ambulan pada 2022 itu ditempatkan di puskesmas wilayah utara Tubaba untuk mencukupi armada pelayanan kesehatan.

"Di Puskesmas Mercubuana kan masih ada satu unit mobil ambulans. Yang satu itu nantinya untuk puskes keliling (puskesling), dan yang satu unit itu standby (siaga) untuk keadaan darurat. Kalau puskesmas di kecamatan yang lainnya sudah dua unit semua," bebernya.

Pada bagian lain, Kabid Perencanaan Dinkes Tubaba itu mengatakan pada tahun 2022 mempunyai anggaran tidak terduga untuk pelayanan kesehatan Rp7,6 miliar.

"Anggaran tersebut dari Kementerian Keuangan berdasarkan data yang kita ajukan dan disediakan oleh pemerintah daerah. Anggaran itu untuk masyarakat miskin yang tidak mendapatkan Kartu Indonesia Sehat (KIS) dari pusat. Dana itu akan di pergunakan jika sewaktu-waktu masyarakat Tubaba ada yang sakit berat dan akan dibiayai Pemkab Tubaba hingga rumah sakit tingkat nasional," kata Jauhari.

Selain itu, dia meminta masyarakat berhati-hati dengan perubahan cuaca dengan menjaga imun tubuh dan menjaga pola makan.

"Bersihkanlah lingkungan agar terhindar dari hama yang membawa virus, makanlah makanan yang bergizi, hindari makanan yang bisa menyebabkan diare dan jangan lupa selalu berolahraga biar tetap sehat," katanya. (*)

Laporan: Solihin
Editor: M Furqon.






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos