Jelang Libur Akhir Tahun, Wisatawan ke Pesawaran Meningkat

img
Wisatawan yang menuju lokasi wisata melalui Dermaga Ketapang, Pesawaran.

MOMENTUM, Gedongtataan--Menjelang libur Natal dan Tahun Baru (nataru), wisatawan yang berkunjung di sejumlah tempat wisata di  Kabupaten Pesawaran, meningkat.

Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Batumenyan, Kecamatan Telukpandan, Apriandi mengatakan kunjungan pelancong yang didominasi wisatawan luar kota itu mulai meningkat sejak awal Desember 2021.

"Awal bulan Desember sampai pertengahan ini tercatat sekitar 100-200 pengunjung di hari biasa, sementara untuk akhir pekan  berkisar 500 hingga 700 pengunjung," kata Apriandi, Jumat (17-12-2021).

Wisatawan tersebut masuk melalui empat pintu masuk Dermaga Ketapang, Desa Batumenyan, Kecamatan Telukpandan, dengan tujuan sejumlah lokasi, antara lain Pulau Pahawang dan Mahitam.

"Pengunjung datang kebanyakan menggunakan biro perjalanan, namun ada juga yang langsung datang dan ini biasanya pengunjung lokal. Seiap biro perjalanan sudah kita instruksikan melengkapi syarat protokol kesehatan," katanya.

Dia mengaku telah berkoordinasi dengan Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 di desa, TNI serta Polri bersama pihak terkait lainnya guna memperketat penerapan prokes.

"Selain dengan pihak desa, kita juga terus berkoordinasi dengan TNI dan Polri dalam menjalankan tugas di lapangan guna memperketat penerapan prokes covid-19," katanya.

Sementara, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Pesawaran, Ketut Partayasa mengatakan pihaknya terus memantau perkembangan wisatawan yang berkunjung diwilayahnya.

"Kita pantau terus di lapangan, kita juga berkoordinasi dengan TNI dan Polri serta pihak lain dalam melaksanakan kegiatan tersebut. Jangan sampai setelah Natal dan Tahun Baru 2022 timbul klaster baru karena sekarang varian baru sudah ditemukan ada," tuturnya.

Laporan: Rifat Arif.

EditorL M Furqon.


Editor: Harian Momentum


Leave a Comment