Gelar Berbagai Perlombaan, IIB Darmajaya Tumbuhkan Minat dan Bakat Mahasiswa

img
Suasana kegiatan Minat dan Bakat (Mibat) mahasiswa baru IIB Darmajaya.

MOMENTUM, Bandarlampung--Panitia Minat dan Bakat (Mibat) Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya menggelar berbagai macam perlombaan terhadap mahasiswa baru 2021.

Perlombaan akan berlangsung mulai 3 hingga 18 Januari 2022 yang digelar secara daring dan luring (hybrid) dengan mematuhi protokol kesehatan Covid-19. Berbagai macam perlombaan tersebut seperti scrabble, debat, solo song, comic strip, MTQ, dan ranking 1.

Selain itu, desain poster, hias kue, atraksi orkem, fotografi, PUBG, mobile legend, pemilihan Duta Genre, video kreatif, futsal, dan pemilihan putra putri kampus darmajaya (PPKD).

Ketua Pelaksana Pesta Minat Bakat IIB Darmajaya, Ryan Fadhila Akbar mengatakan kegiatan perlombaan ini merupakan rangkaian dalam kegiatan Pesta Minat Bakat 2021/2022. “Pesta Minat Bakat kali ini mengangkat tema Show of Your Confident and Make Your Experience. Setiap mahasiswa menunjukkan kemampuannya dalam menumbuhkan kepercayaan diri bersaing dengan yang lainnya,” ungkapnya.

Ryan–biasa dia disapa–menerangkan pesta minat bakat sendiri kegiatannya diwajibkan untuk semua mahasiswa baru untuk ikut dalam rangkaian kegiatan tersebut. Karena ada beberapa perlombaan yang harus mereka ikuti dengan tujuan untuk mengekspresikan bakat mereka.

“Dengan pesta minat bakat juga memberikan gambaran mengenai apa itu kompetisi, memberikan pengalaman terhadap mahasiswa baru pentingnya mengeksplor bakat mereka mengembangkannya dan ikut berkompetisi dengan orang lain,” tuturnya.

Dia berharap dari terlaksananya kegiatan pesta minat bakat mahasiswa baru berani dalam berkompetisi, memiliki mental kompetisi yang bagus, serta mereka mengetahui potensi apa yang ada di dalam diri mereka. “Mereka dapat memiliki visi yang bagus untuk mengembangkan potensi yang ada di dalam diri. Tahun lalu lomba diadakan secara full online dikarenakan pandemi dan untuk tahun ini sudah dilaksanakan secara hybrid (daring dan luring),” bebernya.

Sementara, Wakil Rektor 3 IIB Darmajaya, Muprihan Thaib, S.Sos., M.M., mengatakan Pesta Minat Bakat merupakan salah satu dari pengembangan diri mahasiswa sejak awal semester. “Mahasiswa mendapatkan banyak pengetahuan softskill dan memunculkan minat serta bakatnya untuk pengembangan diri,” ungkapnya.

Masih kata dia, kegiatan tersebut juga dapat lebih memaksimalkan minat dan bakat mahasiswa. “Pesta Minat dan Bakat juga sesuai dengan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) untuk menyiapkan sejak dini bakatnya menjadi lulusan sesuai keinginan dunia usaha dan dunia industri (DUDI),” tutupnya. (**)


Editor: Agus Setyawan


Leave a Comment