Raih Penghargaan “Free Governor”, PLTA Besai Jaga Keandalan Sistem Kelistrikan

img
Penyerahan penghargaan Free Governor.

MOMENTUM, Batam--Bertempat di Hotel Radisson Batam, PLTA Besai #01 dan #02 mendapatkan penghargaan Free Governor Pembangkit dari Direktur Regional Sumatera Kalimantan PT PLN (Persero), Adi Lumakso.

Penghargan tersebut diserahkan langsung oleh VP Pengendalian Operasi Sistem Regional Sumatera Kalimantan PT PLN (Persero), Asep Samsudin kepada PT PLN (Persero) UPDK Bandarlampung, Kamis (20-1-2022).

Penghargaan ini diberikan sebagai apresiasi kepada Pembangkit Listrik yang memiliki respon yang baik terhadap perubahan frekuensi sistem.

Sejak berdiri 31 Maret 2001, PLTA Besai merupakan pembangkit dengan tipe run off river yang memiliki daya mampu 2x45 MW berlokasi di Provinsi Lampung memanfaatkan sumber daya alam dari aliran air sungai Way Besai dengan mengubah energi potensial atau energi gravitasi air menjadi energi listrik.

PLTA sebagai pembangkit listrik yang mengandalkan potensi air mempunyai kelebihan-kelebihan dibandingkan pembangkit listrik lainnya. Kelebihan tersebut salah satunya merupakan energi yang ramah lingkungan, bebas dari karbon emisi dan tidak menyebabkan polusi yang berakibat efek rumah kaca. Pembangkit listrik ini memiliki gas emisi yang lebih kecil dari pembangkit listrik lainnya.

Dalam mewujudkan Misi Perusahaan PT PLN (Persero) yaitu menjalankan kegiatan usaha yang berwawasan lingkungan, maka PLTA Besai memberikan bantuan CSR/TJSL berupa Program Peduli Daerah Aliran Sungai (Pedas) Way Besai yang sudah memasuki tahap 4, yang bertujuan menurunkan laju sedimentasi, meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menjaga kelestarian DAS serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui perbaikan kualitas lingkungan.

Program ini mendapatkan penghargaan ICA Award berupa Platinum pada tahun 2017 dan terus berkomitmen untuk menjaga kelestarian lingkungan di sekitar aliran sungai Way Besai.

Dengan pemberian penghargaan tersebut, memberikan bukti bahwa PT PLN (Persero) UPDK Bandar Lampung berkomitmen untuk terus memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat dalam menjaga keandalan sistem kelistrikan yang ramah lingkungan.(**)






Editor: Agus Setyawan





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos