Konflik Lahan PT HIM Memanas, Satu Warga Luka di Kepala

img
Warga geruduk PT HIM Tulangbawang Barat.

MOMENTUM, Panaragan--Konflik lahan PT Huma Indah Mekar (HIM) dan warga atas nama lima keturunan adat makin memanas.

Rabu (2-3-2022) sekira pukul 15.30 WIB, bentrokan antara satuan pengamanan (Satpam) dengan tim lima keturunan adat terjadi sehingga salah satu anggota mereka yang bernama Birin (korban) mengalami luka di bagian kepala.

Menurut keterangan salah seorang warga lima keturunan, Birin mengalami luka yang diduga dlakukan oleh Satpam PT HIM, karena korban mempertanyakan teman mereka yang dipanggil oleh pihak Polres Tulangbawanh Barat (Tubaba).

Rombongan menuju pos satpam HIM, sesampainya di halaman pos Satpam, Birin langsung disambut oleh beberapa anggota Satpam tiba-tiba Birin langsung dipukul oleh mereka, jelas tim lima keturunan yang berasal dari Tiyuh (Desa) Panargan, Bandardewa, Menggalamas, Penumangan dan Pagardewa, Rabu (2-3-2022).

Berdasarkan informasi yang dihimpun oleh harianmomentum.com, penangkapan terhadap Aminsyah, anggota dari tim lima keturunan adat berdasarkan laporan dari pihak PT HIM atas pengerusakan terhadap tanam tumbuh pohon karet.

Sementara Birin (korban) dari lima keturunan mengalami luka di kepala.

Sampai saat ini pihak lima keturunan tetap menunggu di halaman pos Satpam PT HIM.

"Malam ini kami akan bermalaman dan mendirikan tenda hingga ada kejelasan dengan teman kami yang dipanggil dan belum keluar hingga sekarang," kata dari pihak lima keturunan.

Kapolres Tubaba AKBP Sunhot P Silalahi, menjelaskan, pihaknya pernah melakukan pemanggilan terhadap oknum lima keturunan yang melakukan penebangan pohon karet milik PT HIM.

"Panggilan pertama diabaikan oleh mereka, dan ini panggilan yang kedua kalinya. Kita melakukan pemanggilan karena sudah cukup dengan saksi dan bukti. Maka kita lakukan lagi tadi siang pemanggilan yang kedua terhadap terduka pelaku," ungkap Sunhot.

Kapolres Tubaba menerangkan tindakan pihaknya menindaklanjuti laporan dari PT HIM bulan lalu awal penebangan pihak lima keturunan.

"Pemanggilan tersebut berdasarkan laporan LP/B/25/1/2022/SPKT/RES TUBABA/POLDA LPG/ tanggal 26 Januari 2022," cetusnya.(**)






Editor: Agus Setyawan





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos